Tingkatkan Imunitas Tubuh dengan Berjemur di Waktu Terbaik

Belakangan ini berjemur di bawah sinar matahari pagi menjadi trend di tengah masyarakat karena diyakini mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh, tak terkecuali di Kompleks Balaikota.

Ragil Destiana misalnya, ASN Dinas Sosial Kota Yogyakarta ini mengaku rutin berjemur di bawah sinar matahari pagi sejak Pandemi Covid-19 meluas di sejumlah negara sejak awal tahun lalu.

“Biasanya diantara jam sembilan hingga sepuluh pagi, di sekitar kantor saja, kalau pas kerja,” ucapnya.

Selain dipercaya mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh, aktivitas jemur pagi bahkan sudah dianjurkan bagi setiap ASN di lingkungan Dinas Sosial.

“Tapi kita tetap harus jaga jarak dan tidak berkumpul saat berjemur, bahkan bisa juga bergantian,” imbuhnya.

Hal itu dibenarkan oleh Kepala Seksi Promosi Dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Arumi Wulansari, berjemur mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Namun Arumi mengingatkan supaya aktivitas berjemur yang belakangan ini marak di lakukan tetap sesuai dengan anjuran.

“Secara medis memang ada manfaat bagi kesehatan karena sinar matahari bisa membantu untuk proses metabolisme yang ada  dalam tubuh namun yang perlu diperhatikan adalah tentang waktunya,” kata Arumi, Senin (6/4/2020).

Beberapa sumber terpercaya menyebutkan waktu terbaik untuk berjemur adalah diantara pukul 08:00 hingga 10:00 dan cukup dilakukan 10 hingga 15 menit saja tidak perlu terlalu lama.

Namun untuk balita disarankan berjemur pada pukul 08:00 dengan durasi 10 hingga 15 menit. Berjemur diatas pukul 10:00, sambungnya, justru membawa efek yang berbahaya bagi tubuh.

“Tidak ada corona pun berjemur dianjurkan, selama ada pandemi ini dianjurkan agar kondisi imunitas badan kita tetap terjaga apalagi yang hanya diam di rumah kurang aktivitas fisik sehingga kondisi badan akan cepat turun,” jelas Arumi.

Bahkan tidak menutup kemungkinan berjemur masih bisa dilakukan saat mendung hal tersebut dikarenakan sinar ultra violet tetap masih ada dan bisa menembus.

Disisi lain Arumi mengingatkan,untuk menjaga imunitas tidak hanya dengan berjemur di bawah sinar matahari saja, Arumi mengajak untuk tetap menerapkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

“Percuma berjemur kalau asupan kalsium dan gizi kurang, perbanyak sayur dan buah karena saat ini penting bagi kita untuk menjaga imunitas tubuh,” tandasnya.

Selain itu istirahat cukup dengan menerapkan pola tidur 7 jam sehari, dan yang palng penting adalah menjaga pikiran agar tetap positif, kerana dengan begitu secara psikologis akan meningkatakan imunitas tubuh.

“Di tengah situasi seperti ini harus jeli mengelola pikiran, jangan panik dan resah dengan pemberitaan yang sifatnya menakutkan,” ujarnya. (Tam)