Portal Berita Pemerintah Kota Yogyakarta
 Adminwarta,    12 Juni 2020 Panduan Penyelenggaraan Kegiatan Keagamaan di Rumah Ibadah di Masa Pandemi COVID-19
Panduan Penyelenggaraan Kegiatan Keagamaan di Rumah Ibadah di Masa Pandemi COVID-19

Pemerintah Kota Yogyakarat telah menerbitkan Surat Edaran Walikota nomor 450/6047/SE/2020 tentang Panduan Penyelenggaraan Kegiatan Keagamaan di Rumah Ibadah dalam Mewujudkan Masyarakat Produktif dan Aman COVID-19 di Masa Pandemi Kota Yogyakarta.Surat edaran ini dimaksudkan untuk mengatur kegiatan keagamaan di rumah ibadah dengan tetap menaati protokol kesehatan dalam rangka mencegah persebaran COVID-19. Beberapa poin dari SE tersebut adalah:

  • Rumah ibadah diizinkan menyelenggarakan kegiatan keagamaan dengan syarat berada di kawasan yang aman dari COVID-19 berdasarkan Surat Keterangan dari Ketua Gugus Tugas Kota/Kecamatan/Kelurahan sesuai tingkatan rumah ibadah.
  • Pengurus rumah ibadah wajib untuk menerapkan protokol kesehatan, melakukan pembersihan dan desinfeksi secara berkala, membatasi akses keluar/masuk rumah ibadah, menyediakan fasilitas cuci tangan/hand sanitizer di pintu masukdan pintu keluar. Pengurus juga melakukan pengecekan suhu tubuh bagi seluruh jamaah, menerapkan jarak fisik min. 1 m, mengatur pengaturan jumlah jamaah, mempersingkat waktu pelaksanaan ibadah, memasang imbauan protokol kesehatan, sertaberkoordinasi dengan unit layanan kesehatan setempat
  • Jamah anak-anak dan lanjut usia disarankan untuk beribadah di rumah, sementara bagi jamaah yang sedang sakit/tidak enak badan dilarang mengikuti kegiatan keagamaan di rumah ibadah.
  • Bagi masyarakat yang hendak beribadah di tempat ibadah, pastikan sedang dalam kondisi sehat, gunakan masker sejak keluar rumah, jaga kebersihan tangan, hindari kontak fisik (berpelukan/bersalaman), menjaga jarak, dan menghindari berdiam lama di rumah ibadah.
  • Penggunaan rumah ibadah untuk kegiatan kemasyarakatan diperbolehkan dengan syarat jumlah peserta max. 20% dari kapasitas ruang dan tidak boleh lebih dari 30 orang. Semua peserta dalam kondisi sehat dan negatif COVID-19 dan pertemuan dilaksanakan dengan waktu seefisien mungkin.

Informasi lebih lanjut, silahkan unduh Surat Edaran dimaksud melalui tautan https://s.id/pedomanrumahibadahjogja

Untuk penjelasan mengenai tingkatan/tipologi rumah ibadah dapat dilihat melalui tautanĀ https://s.id/tingkatanrumahibadah


  (33 nilai)
Pencarian
Agenda Akan Datang

Maaf, belum ada agenda untuk bulan ini

Agenda Rapat

Maaf, belum ada agenda rapat untuk saat ini

Statistik Pengunjung
Hari Ini Kemarin Bulan Ini Tahun Ini Total Pengunjung
Lokasi Kantor

Segera Terpetakan

Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU)
Kota Yogyakarta

NO2

O3

CO

SO2

PM10


Kosentrasi PM 2.5 per Jam

Tautan Terkait