Dukung Kota Yogya Menuju Kota Kreatif, Pemkot Yogya Jalin Kerjasama dengan JCS

Untuk mendukung Kota Yogya menuju kota kreatif Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta bekerjasama dengan Jogja Creatif Society (JCS), kerjasama ini ditandatangani Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti dan Ketua Perkumpulan JCS, Gregorus Sri Wuryanto.

Pada kesempatan tersebut Walikota menjelaskan jika Mou tersebut sebagai dasar untuk melaksanakan berbagai inisiatif bersama dalam rangka mendukung Kota Yogya menuju Kota kreatif.

Ia mengatakan jika objek kesepakatan ini adalah pengembangan peta jalan (road map) Kota Yogya menuju kota kreatif, tata kelola program inovasi pengembangan ekonomi kreatif di Kota Yogya, serta pengembangan kawasan Kotabaru dan kawasan lain yang ditetapkan oleh Pemkot Yogya sebagai ruang kreatif jogja,

“Selain itu adalah program transformasi Rumah Dinas Wakil Walikota Yogyakarta yang berada di Kotabaru sebagai Jogja Creative Hub untuk program program kreatifitas masyarakat Kota Yogya, serta pengembangan program inovasi pemberdayaan ekonomi kreatif selama periode penyesuaian new normal akibat pandemi covid-19” jelasnya di Balaikota Yogyakarta, Jumat (26/6/2020).

Walikota berharap dengan adanya kerjasama ini akan lebih banyak mewadahi semua komunitas serta tercipta ekosistem ekonomi kreatif yang berkesinambungan yang terdiri dari pemangku kepentingan seperti akademisi, pelaku usaha, komunitas kreatif, maupun pemerintah.

Sementara itu Ketua Perkumpulan JCS, Gregorus Sri Wuryanto mengatakan JCS memiliki misi menjadikan kota Yogya menjadi kota kreatif berskala dunia.

"Kami menawarkan diri kepada Walikota, dan akhirnya kami dijadikan mitra untuk membantu Pemkot Yogya dalam rangka mewujudkan Kota Yogya sebagai kota kreatif” jelanya.

Ia menegaskan jika acara tersebut tidak hanya sekedar Mou semata tapi juga kepada pelaksanaan teknis.

“Artinya kami ikut terlibat didalamnya, kita ikut dalam penggagasan dan mungkin beberapa eksekusi kami ikut kontribusi dalam konsepnya." paparnya. (Han)