Lomba KATAVLOG Ajak Generasi Muda Asah Kreasi dan Inovasi

Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi membuka final kompetisi KATAVLOG (KreAsi-inovasi peralaTAn peraga MKKuG dan VLOG sains zona BMKG-Taman Pintar), Jumat (11/9) di Taman Pintar. Final lomba ini diikuti oleh 5 finalis dalam kategori kreasi-inovasi alat peraga MKKuG (Meteorologi Klimatologi Kualitas udara dan Geofisika) yang terdiri dari pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum. Sedang dalam kategori vlog sains zona BMKG-Taman Pintar diikuti 3 finalis yang berasal dari kalangan pelajar SMA.

Wawali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi dalam sambutannya menyampaikan bahwa lomba ini pada dasarnya merupakan upaya untuk merangsang daya kreatif dan inovatif pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum dalam mengenal BMKG sebagai salah satu instansi yang menyelenggarakan pelayanan di bidang Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika.

"Kegiatan ini untuk lebih mengenal fungsi dan peran BMKG yang sebenarnya sangat krusial, terutama ketika terjadi bencana. Sehingga sangat tepat BMKG melibatkan masyarakat, pelajar dan mahasiswa untuk terlibat dalam mengenal lebih jauh fungsi BMKG," katanya.

Sesuai dengan temanya "Kreasi dan Inovasi MKKuG  dalam Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Indonesia Maju," Wawali mengingatkan akan pentingnya menerapkan protokol kesehatan.

"Kondisi kita saat ini belum membaik, kondisi kita saat ini belum menandakan perubahan, situasi ini mungkin masih akan berlangsung cukup lama, maka kita harus membiasakan adaptasi kebiasaan baru," Jelas Heroe Poerwadi.

Seperti diketahui, lomba KATAVLOG ini terdiri atas dua kegiatan perlombaan yaitu kreasi-inovasi peralatan peraga MKKuG berbahan utama bahan bekas pakai dan Vlog sains zona BMKG-Taman Pintar. Lomba ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada generasi milenial khususnya pelajar SMP dan SMA berkreasi dalam mengenal BMKG dan Taman Pintar.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk peran serta BMKG dalam mendukung program-program pemerintah untuk menuju Indonesia Maju. Terlaksananya kegiatan ini berkat kerjasama antara BMKG Yogyakarta dan Taman Pintar Yogyakarta. (Muc)