Klarisan.com Mudahkan UMKM Pasarkan Produk

 

Kini publik semakin mudah menemukan produk-produk UMKM khas Yogyakarta melalui laman website www.klarisan.com Belanja bisa dilakukan lebih mudah dan praktis tanpa tatap muka.

Pasar virtual hasil Gandeng-Gendong kelurahan Wirogunan, LPMK Wirogunan, dan Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta ini memfasilitasi pelaku UMKM khususnya di Wirogunan.

Ketua LPMK Wirogunan Abdul Razaq, menuturkan www.klarisan.com diharapkan mampu menjadi salah satu pendorong peningkatan kualitas UMKM, memperluas promosi dan pemasaran, serta memberikan stimulasi pertumbuhan benih-benih baru pengusaha ekonomi kreatif.

“Semoga bermanfaat bagi perkembangan usaha ekonomi kreatif di wilayah Kelurahan Wirogunan, Kota Yogyakarta dan sekitarnya. Serta menjadi media bertemunya UMKM dengan masyarakat luas di dunia maya.

“Kami mengajak kepada seluruh pelaku Usaha dan UMKM di Wirogunan untuk memanfaatkan media ini dengan cara mendaftarkan di www.klarisan.com, daftarnya mudah, dan insya Allah hasilnya melimpah,” jelasnya.

Dikatakan Razaq, hingga saat ini sudah ada sekitar 700 pelaku usaha yang mendaftar di klarisan melalui google form. Nantinya mereka akan diberi bimbingan, terkait pemasaran dan pengembangan bisnis.

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengapresiasi inovasi tersebut. Menurutnya Wirogunan salah satu kelurahan yang selalu melakukan inovasi.

“Saat ini banyak aplikasi jualan yang didorong pemerintah dan korporasi besar yang memberikan layanan. Dulu orang berlomba kalau mau buka lapak harus punya ruko di pinggir jalan besar, kalau sekarang yang penting punya akun media sosial dan rajin update,” jelasnya saat launching www.klarisan.com, Sabtu (10/10/2020).

Heroe meminta pelaku UMKM untuk rajin melakukan promosi hasil produknya. Yang paling penting di era digital seperti sekarang ini adalah bagaimana menjual dan mempromosikan.

“Selain itu, yang tidak kalah pentingnya adalah membangun kepercayaan konsumen, sehingga harus menjaga kualitas barang supaya sesuai dengan yang diiklankan,” jelasnya. (Tam)