Walikota Serahkan Beasiswa Mahasiswa Berprestasi dan CSR BPD DIY

 

Walikota Yogya Haryadi Suyuti secara simbolis menyerahkan beasiswa kepada mahasiswa berprestasi yang berasal dari Keluarga Sasaran Jaminan Perlindungan Sosial (KSJPS) pemegang KMS dan beasiswa peserta didik dari keluarga kurang mampu program CSR Bank BPD DIY Cabang Senopati. Dalam kesempatan ini perwakilan mahasiswa berprestasi diberikan kepada Elvina Rahma Anindya dan perwakilan siswa SD dan SMP diwakili oleh, Crisrtya Arsy dan Bima Satria Putra. Kegiatan ini dilaksanakan di Yudhistira Room, Balaikota Yogyakarta, Kamis (22/10).

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Yogya Haryadi Suyuti menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bank BPD DIY Senopati dalam memberikan kemudahan di bidang pendidikan dengan memberikan bea siswa.

“ Atas nama Pemerintah Kota Yogyakarta kami sangat mengapresiasi dan terima kasih serta penghargaan setinggi-tingginya kepada BPD DIY Senopati, mudah-mudahan melalui kegiatan ini BDP DIY Senopati akan semakin maju, semakin mendapat tempat dihati masyarakat, serta dapat terus berkembang bersama masyarakat yang selaras dengan semboyan BPD DIY, Kita Berkembang Bersama,” katanya.                      

Haryadi Suyuti menambahkan, di sisi lain, bantuan Bank BPD DIY ini menunjukkan betapa besarnya perhatian perbankan pada dunia pendidikan Kota Yogyakarta dimana perhatian tersebut merupakan bentuk sinergi yang tepat dan memberikan motivasi untuk terus bangkit dan terus berupaya mewujudkan tatanan masyarakat yang lebih baik lagi dan lebih sejahtera.

“ Kami berharap program ini dapat terus berjalan sehingga dapat memberikan manfaat secara lebih luas bagi mahasiswa dan pelajar di Kota Yogyakarta agar lebih semangat meraih prestasi terbaik,” ujar Haryadi Suyuti.

Bea siswa mahasiswa berprestasi ini diberikan kepada 100 orang dari jumlah pendaftar 188 orang, dengan besaran masing-masing menerima Rp 2 juta rupiah. Sedangkan sasaran penerima ini sudah diseleksi sesuai dengan kriteria yang sudah di tetapkan. Seperti indeks prestasi, akreditasi perguruan tinggi dan lain sebagainya.

 

Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Budi Santosa Asrori mengatakan bea siswa mahasiswa berprestasi ini diterimakan dalam bentuk tabungan di rekening Bank BPD DIY. Program ini merupakan Jaminan Pendidikan Daerah.

Dari 100 penerima mahasiswa berprestasi , ada 72 orang kuliah di PTN, diantara lain dari UGM sebanyak 25 orang, UNY 30 orang, UPN 9 orang, UIN 7 orang, ITS 1 orang dan 28 orang dari PTS.

Selain itu, untuk CSR beasiswa pendidikan dari Bank BPD DIY, diberikan kepada 74 peserta didik dari keluarga non KMS, dimana setiap anak mendapatkan beasiswa sebanyak Rp 1,5 Juta rupiah yang akan digunakan untuk biaya pendidikan.

“ Kami ucapkan terima kasih kepada Bank BPD yang telah banyak membantu penyelesaian permasalahan pembiayaan khususnya dalam bidang pendidikan," kata Budi Asrori.

Sementara tujuan diadakannya beasiswa berprestasi ini adalah untuk memotivasi dan membantu pembiayaan pendidikan mahasiswa dari Kelompok Sasaran Jaminan Perlindungan Sosial (KSJPS). (Hes)