Wakil Walikota Pimpin Upacara Pemkot Yogya Secara Virtual

 

Upacara Pemerintah Kota (Pemkot) Yogya dalam rangka memperingati  Hari Pahlawan, Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-56, dan menyambut HUT Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Ke-49 dilaksanakan secara virtual, Selasa (17/11) di Ruang Yudhistira Balaikota Yogya. Bertindak selaku Pembina Upacara adalah Wakil Walikota Yogya, Heroe Poerwadi.

Meski dilaksanakan secara virtual dan diikuti masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di kantornya namun upacara tetap berlangsung khidmad. Upacara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan mengheningkan cipta. Pembacaan teks Pancasila dipimpin oleh Pembina Upacara diikuti seluruh peserta upacara. Sementara, pembacaan Pembukaan UUD 1945 oleh Kepala Dinas Kesehatan dan pembacaan Kode Etik Pegawai Pemerintah Kota Yogyakarta oleh Kepala Bagian Organisasi. Doa dibacakan oleh Kepala Dinas PUPKP.

Dalam amanatnya Heroe Poerwadi mengatakan banyak makna yang terkandung dalam setiap prosesi upacara, salah satunya mengenang kembali perjuangan para pendahulu agar dapat mewariskan kemardekaan pada kita semua.

“Melalui upacara ini kita diingatkan akan tanggung jawab dan amanah para pendahulu dalam mempertaruhkan NKRI maka kita harus mengisi dengan pembangunan yang baik,” katanya.

Upacara bendera ini memperingati tiga momentum, yakni peringatan Hari Pahlawan yang jatuh tanggal 10 November 2020, dimana seluruh komponen bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan yang dikenang sepanjang masa oleh semua warga. Hal ini sebagaimana tema Hari Pahlawan Tahun 2020 yaitu “Pahlawanku Sepanjang Masa”.

Memperingati Hari Kesehatan Nasional ke 56 yang jatuh pada tanggal 12 November di tiap tahunnya, Wawali mengajak semua peserta upacara menjadikan peringatan ini sebagai momentum untuk melakukan refleksi tentang apa yang bisa diberikan bagi kesehatan masayarakat. Adapun tema peringatan  HKN tahun ini yaitu “Satukan Tekat Menuju Indonesia Sehat”.

Sementara itu, “Korpri Berkontribusi Melayani dan Mempersatukan Bangsa” dipilih sebagai tema dalam menyambut HUT Korpri Ke-49. Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan semangat profesionalitas seluruh ASN, memantapkan fungsi organisasi Korpri sebagai perekat pemersatu bangsa, serta meningkatkan kinerja bidang pelayanan publik.

Upacara bendera Pemkot Yogya diakhiri dengan tepuk tangan selama 56 detik oleh seluruh peserta upacara sebagai bentuk apresiasi para tenaga kesehatan di Hari Kesehatan Nasional serta menyanyikan lagu Mars Korpri.