Beri Ruang Berekspresi Kaum Difabel Lewat Pesta Gambar

Kelompok Perspektif Jogja akan kembali menggelar perhelatan yang memberikan kesempatan para kaum difabel melalui bidang seni.

Ketua kelompok perspektif, Sri Hartaning mengatakan perhelatan tersebut akan dinamakan pesta gambar.

"Jadi kami ingin memberikan kesempatan bagi mereka untuk mengungkapkan perasaan mereka lewat seni, khususnya seni rupa," jelasnya saat audiensi di Ruang Sadewa, komplek Balaikota Yogyakarta, Kamis (19/11/2020).

Ia menceritakan di masa pandemi ini mungkin banyak anak-anak dari kaum difabel yang bosan dengan rutinitasnya.

"Inti point utamanya adalah proses mereka dalam menggambar, hasil karya mereka nantinya akan dijadikan buku, dan setiap anak akan mendapatkan buku tersebut," jelasnya.

Acara ini akan di mulai tanggal 25 November hingga tanggal 15 Desember 2020. "Jadi tanggal 25 November sampai 15 Desember 2020 adalah tahap pengumpulan karya sekaligus penjurian, sementara hasil pemenangnya akan di umumkan tanggal 25 Desember 2020," jelasnya. 

Apa yang telah dilakukan kelompok Perspektif ini mendapatkan apresiasi yang tinggi dari Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi.

Pada kesempatan tersebut Wawali mengatakan salah satu pintu masuk menguasai media seni adalah dengan penguatan rasa percaya diri.

“Seni bisa mengasah ketajaman batin dan rasa manusiawi. Sehingga lebih peka untuk menangkap esensi kehidupan serta nilai-nilai kemanusiaan di dalamnya,” ujarnya. (Han)