Sepeda Wisata Kunjungi Keluarga Pahlawan di Kota Yogya

Hujan yang mengguyur Kota Yogya di Minggu pagi (29/11) tidak menyurutkan langkah Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi untuk bersepeda dengan komunitas sepeda di Kota Yogya. Bertolak dari Rumah Dinas Wawali di Jalan Suroto Kotabaru rombongan menempuh lima rute perjalanan, dua diantaranya adalah mengunjungi rumah keluarga pahlawan almarhum Kusbini pencipta lagu “Bagimu Negeri” dan ke rumah almarhum Dr. Sardjito.

Lokasi pertama menuju RW 18 Baciro untuk beramah tamah sebentar dengan warga. Perjalanan dilanjutkan menuju ke kediaman almarhum Kusbini dan memberikan bantuan sembako yang diterima langsung oleh Septa Ksvara Kusbini yaitu anak ke 7 almarhum Kusbini.

Kemudian Wawali beserta rombongan menuju RT 31 RW 07 Sagan untuk memotong tumpeng syukuran warga karena cita-citanya memperbaiki jalan telah terealisasi. Setelah itu dilanjutkan melihat hasil kerajinan batik dan masker serta kebun jahe merah yang dikembangkan oleh warga.

Heroe Poerwadi memberikan arahan kepada Ketua RT untuk menyusun rencana yang  disampaikan dalam musrenbang. Di mana di dalam musrenbang tersebut semua usulan dari warga akan ditampung dan akan dijadikan satu dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMD).

“Kami terus mendorong agar setiap kelurahan membuat masterplan kampung, untuk itu setiap usulan dari Bapak Ibu sekalian silahkan disusun dengan baik dan di sampaikan dalam musrenbang. Di mana usulan-usulan itu agar bisa ditampung dan dimasukkan dalam pembuatan masterplan kampung nantintya,” tuturnya.

Perjalanan kemudian dilanjutkan ke rumah almarhum Dr. Sardjito yang juga sebagai pusat produksi jamu tradisional Calcusol. Wawali dan rombongan disambut baik Budhi Santoso selaku perwakilan dari keluarga dan Ketua RW 12 Reksonegaran.

Pada kesempatan ini Wawali Heroe Poerwadi menyampaikan bahwa agenda gowes ini selain untuk menjaga kebugaran tubuh pada masa pandemi Covid-19 juga mengunjungi keluarga-keluarga pahlawan sebagai bentuk penghormatan kepada tokoh-tokoh yang  berjasa untuk negeri ini.

“Perlu kami sampaikan bahwa gowes kali ini selain untuk menjaga kebugaran tubuh juga mengunjungi keluarga-keluarga pahlawan sebagai bentuk penghormatan kami kepada beliau, karena memang bulan November ini kita juga memperingati Hari Pahlawan,” kata Heroe Poerwadi.

Budhi Santoso yang mewakili keluarga besar Dr. Sardjito mengungkapkan rasa bangga dan terimakasih kepada Wawali Heroe Poerwadi yang berkenan dan menyempatkan diri untuk berkunjung.

“Saya merasa bangga dan berterimakasih kepada Bapak Wawali bersama rombongan yang mau berkunjung ke rumah kami yang juga peninggalan Dr. Sardjito, karena ini adalah kali pertamanya ada pejabat pemerintah yang mau berkunjung ke kediaman Dr. Sardjito,” tuturnya.

Usai beramah tamah dengan perwakilan keluarga, Wawali berkesempatan melihat-lihat ruang produksi jamu tradisional Calcusol peninggalan Dr. Sardjito yang bertahan hingga hari ini.

Gowes pagi ini ditutup dengan pelepasan pengurus Kampung Tangguh Bencana (KTB) RW 12 RT 56 Reksonegara untuk melakukan penyemprotan disinfektan pencegahan Covid-19.

Dalam sambutannya Wawali Heroe Poerwadi mengingatkan kepada warga RW 12 RT 56 untuk beradabtasi dengan kebiasaan baru, menjaga jarak, memakai masker, menghindari kerumunan dan mencuci tangan. Hal ini karena sejak beberapa hari terakhir kasus Covid-19 di Kota Yogya kembali meningkat.

“Penyemprotan ini merupakah langkah antisipasi, namun yang utama adalah bagaimana bapak ibu sekalian menjaga kesehatan masing-masing. Untuk itu mulai saat ini kita harus beradabtasi dengan kebiasaan baru dengan menerapkan prinsip 4 M,” kata Wawali. (Muc)