Seleksi Dimas Diajeng Kota Yogyakarta Tahun 2021 Kembali Dibuka

Ajang Dimas Diajeng Kota Jogja kembali dibuka untuk tahun 2021. Periode pendaftaran sudah dimulai dari tanggal delapan dan akan ditutup pada 27 Februari 2021. Acara ini merupakan ruang yang disediakan Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta untuk putra-putri terbaik Kota Yogyakarta.

“Kita ingin generasi muda Jogja ikut berkontribusi pada pengembangan promosi wisata kota,” ujar Andrini Wiramawati, Kepala Seksi Promosi Dinas Pariwisata. “Dimas Diajeng juga bertanggungjawab untuk memberikan informasi yang benar. Baik untuk wisatawan domestik atau asing, maka penguasaan bahasa Indonesia dan Inggrisnya harus bagus,” tambahnya saat diwawancara (19/02/2021).

Selain objek pariwisata, pengetahuan lain yang harus dimiliki Dimas Diajeng adalah wawasan soal budaya. Hal ini karena pariwisata Kota Jogja lekat kaitannya dengan budaya setempat yaitu budaya Jawa.

Pesertanya sendiri dibatasi pada remaja putra dan putri berusia 18 sampai 25 tahun. Mereka juga harus sudah menyelesaikan pendidikan setingkat SMA atau SMK, dan juga berdomisili di wilaya Kota Jogja.

Khusus untuk tahun 2021, konsep acara Dimas Diajeng akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena memanfaatkan aplikasi Zoom. Hal ini bertujuan meminimalisir terjadinya kerumunan sebagai bentuk dari kepatuhan terhadap protokol kesehatan.

“Kami menekankan protokol kesehatan pada pelaksanaan acara. Pemakaian masker, jaga jarak, dan mencuci tangan merupakan hal yang wajib. Demi keamanan serta kenyamanan semua pihak,” terang Ryan Permana Nur Muhammad, selaku ketua Paguyuban Dimas Diajeng Kota Jogja. 

Bagi calon peserta yang berminat mengikuti, harus menyiapkan beberapa berkas terlebih dahulu. Berkas tersebut antara lain berisi; formulir pendaftaran, CV, pas foto, foto badan penuh dan close up, serta KTP. 

Informasi lebih lengkap mengenai acara ini dapat dibaca di situs web dimasdiajeng.or.id. Bisa juga dengan mengirim surel ke pemilihan@dimasdiajeng.or.id. (Fjr)