Kembalikan Gairah Pariwisata, Pemkot Gelar Table Top di Cirebon

Dalam rangka meningkatkan promosi pariwisata Kota Yogyakarta, Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Pariwisata menyelenggarakan acara Direct Promotion Table Top Kota Yogyakarta, yang bertempat di Hotel The Luxton Cirebon, Kamis (4/3).  Perhelatan ini dilaksanakan dengan melibatkan 40 seller pelaku usaha pariwisata Kota Yogyakarta yang terdiri dari usaha hotel, travel agent, pusat oleh-oleh dan kampung wisata serta lebih dari 60 buyer pelaku usaha pariwisata Kota Cirebon.

Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi yang turut hadir bersama segenap pelaku usaha pariwsata Yogyakarta menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk ikhtiar dari pemerintah bersama dengan segenap pelaku usaha pariwisata.

“Setiap insan dan pelaku usaha ekonomi tidak boleh hanya berdiam diri saja dalam menghadapi pandemi COVID-19, akan tetapi harus tetap berusaha,” tutur Heroe.

Lebih lanjut, Heroe juga meminta agar pelaku usaha pariwisata untuk melakukan penataan agar Protokol Kesehatan tetap dilaksanakan dengan tertib, sehingga wisatawan yang datang ke Kota Yogyakarta akan merasa aman, nyaman dan terjamin kesehatannya.

“Selama Protokol Kesehatan dipatuhi secara umum di semua destinasi wisata, diharapkan setelah kondisi pandemi berakhir, angka kunjungan wisatawan dapat kembali meningkat dan kondisi ekonomi akan pulih seperti semula,” tambah Heroe.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko menjelaskan, pada tahun 2021, kegiatan ini akan dilaksanakan sebanyak empat kali dengan menyambangi empat daerah, baik di dalam pulau Jawa maupun luar Jawa.

“Kegiatan ini merupakan bentuk fasilitasi pemerintah kepada segenap pelaku usaha pariwisata di mana pertemuan dilaksanakan secara B to B (Business to Business). Harapnnya akan terjadi transaksi secara langsung di antara pelaku usaha pariwisata Kota Yogyakarta dengan pelaku usaha setempat sehingga masing-masing akan memperoleh manfaat yang signifikan,” ungkap Wahyu.

Acara ini sendiri dilaksanakan selama satu hari penuh dengan mengutamakan Protokol Kesehatan. Gelaran dibuka dengan pemukulan gong oleh Wakil Walikota Yogyakarta bersama Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan Pariwisata Kota Cirebon, Agus Suherman sebagai simbol dari kerjasama kedua Kota masing-masing dalam upaya menggairahkan kembali industri pariwisata sekaligus mendukung pemulihan ekonomi yang terdampak pandemi virus COVID-19. (fra)