Veronica Ambar Ismuwardani : Didukung SDM Mumpuni Siap Majukan DPK Kota Yogyakarta

 

Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta memberikan kepercayaan kepada Veronica Ambar Ismuwardani (52 tahun) sebagai Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK)  Kota Yogyakarta. Sebelumnya, ia sudah malang melintang di pemerintahan dengan menduduki berbagai jabatan di wilayah maupun di lingkup dinas. Pengalamannya tersebut membuatnya mudah beradaptasi dan menyesuaikan dengan jabatan baru yang diembannya. 

Ditemui di sela kesibukannya, Ambar, demikian sapaan akrabnya mengatakan akan memberikan pelayanan terbaik di masa jabatannya sekarang dan dimanapun ia ditempatkan.
Awal menjadi ASN, Ambar meniti karir sebagai staf di Kemantren Mantrijeron. Kemudian, ia juga pernah ditugaskan menjadi Lurah Gedongkiwo, Lurah Mujamuju adan sekertaris Camat Jetis serta Gondomanan. Dari wilayah, ia kemudian diberikan kepercayaan sebagai Kepala Bagian Umum dan pernah juga menjabat sebagai Kepala Bagian Umum dan Protokol. 

"Dunia kearsipan bukan hal baru bagi saya karena sebelumnya pernah berkecimpung dalam bidang kearsipan. Tugas sebelumnya sudah punya hubungan dengan kearsipan sehingga tidak sulit utk penyesuaian. Semoga semakin cepat untuk menyesuaikan dan memberikan manfaat bagi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta ini,” ungkapnya.

Ambar menambahkan, DPK sudah memiliki banyak potensi yang mumpuni. Terlebih lagi dalam menuntut sebuah perubahan dalam layanan publik terutama di masa pandemi saat ini.

“ DPK ini punya banyak sekali potensi dan sudah mumpuni, tinggal mendorong untuk mengikuti tuntutan perubahan layanan publik di masa pandemi ini. Semoga semua mampu menjadikan DPK inovatif, kreatif dan terus berprestasi,” jelas Ambar.

Istri dari Bernardus Adji Prabasadhi, ST dan ibu dari anak H. Galang Prastianusa ini mengatakan, semua yang akan dikerjakan bersama ini banyak sekali tantangan ke depannya. Ia berharap, semua pekerjaan dapat dijadikan suatu pengalaman yang berharga asalkan memiliki rasa syukur atas proses pembelajaran.

“ Setiap pekerjaan pasti ada suka dukanya. Tetapi anggap saja sebagai proses pembelajaran untuk naik kelas dan menjadi lebih baik. Baik dalam kinerja maupun sebagai pribadi di rumah ataupun lingkungan,” kata Ambar.

Pemilik hobi membaca, traveling dan kuliner ini, tak segan-segan memberikan masukan dan arahan kepada siapa saja yang memerlukan bantuannya. Sebagai Kepala DPK Kota Yogyakarta, Ambar berharap bisa menjadi sosok yang dapat dijadikan teladan dan memberikan manfaat bagi orang banyak.

“ Tentunya dukungan keluarga sampai saat ini sangat penting, dukungan dari pimpinan dan banyak pihak  sangat berperan dalam keberhasilan yang sekarang ini saya dapat,” ujar Ambar. (Hes)