RAYAKAN ULTAH KE-51 PT ASTRA  BERI BANTUAN  116867 POHON

Memperingati hari ulang tahunnya ke- 51 yang jatuh pada tanggal 20 Februari 2008 ini PT. ASTRA International  Tbk. Mengadakan  aksi peduli lingkungan dengan melakukan program penghijauan yang dinamakan “Go Green with ASTRA” Untuk mendukung aksi ini, sebanyak 116.867 batang pohon dibagikan di seluruh wilayah di Indonesia.
Koordiantor Wilayah Yogyakarta PT. Astra International Tbk, Agus Susanto mengatakan Presiden Direktur PT. ASTRA International TBK, Michael D. Ruslim di hari ulang tahun PT. Astra International Tbk, mencanangkan program penghijauan dengan melakukan penanaman pohon kepel sebagai tanda dimulainya program Go Green with Astra.

Dikatakan program penghijauan ini  bermaksud  mengajak seluruh karyawan Grup Astra di seluruh anak perusahan dan cabang di berbagai daerah di Indonesia  untuk menanam pohon di lingkungan atau di daerahnya. Hal ini sebagai wujud kepedulian karyawan Grup Astra terhadap isu lingkungan dan pemanasan global.
Michael D. Rusli dalam releasenya mengatakan keterlibatan seluruh karyawan ini sebagai ungkapan rasa kebersamaan dan tanggung jawab Grup Astra terhadap lingkungan dan perubahan iklim secara global.

Pencanangan program   ini secara serentak  diikuti pula oleh 120 anak perusahan dan 22 Koordinator Wilayah di seluruh Indonesia termasuk di Yogyakarta. Periode penanaman pohon langka  ini dimulai tanggal Februari 2008 hingga Juni 2008 saat peringatan Hari Lingkungan Hidup. Sedangkan lokasi penanaman berlangsung di sejumlah tempat seperti area kantor, area public yang direkomendasikan oleh Pemerintah Daerah setempat. Jenis tanaman pohon yang dipilih untuk aksi penghijauan ini adalah  jenis tanaman langka seperti sawo kecik, jati putih, kepel, ketapang, mahoni, trembesi dan bintaro dengan ketinggian batang di atas 1,5 meter.


Untuk Wilayah Yogyakarta, Koordinator Wilayah (Korwil) PT. Astra International Yogyakarta, Agus Susanto  mengatakan akan membagikan  678 batang pohon, terdiri dari pohon Sawo Kecik dan pohon Gayam. Hal ini sesuai dengan permintaan Pemerintahan setempat melalui Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta. Dikatakan, dipilihnya pohon Sawo Kecik dan Gayam karena mengikuti filosofih Jawa yang diharapkan membawa kebaikan  dan mendatangkan kedamaian bagi yang menanam. Sedangkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup kota Yogyakarta, Ir. Hadi Prabowo, mengatakan  pohon yang dibagikan PT. Astra International Tbk. ini rencananya Sawo Kecik akan dibagikan ke sekolahan dan Gayam akan dibagikan ke tempat ibadah  yang ada di Yogyakarta.

Sementara itu, Wakil Walikota Yogyakarta. H. Haryadi Suyuti, saat menerima penyerahan simbolik pohon oleh Korwil Yogyakarta, menyampaikan terima kasih yang setinggi tinginya kepada PT. Astra International Tbk yang menyumbangkan pohon di hari ulang tahunnya ke – 51. Wawali mengatakan aksi ini merupakan  bukti nyata sebuah perusahan besar peduli terhadap lingkungan sekitarnya. “Hal ini juga sejalan dengan apa yang sedang digalakkan Pemerintah Kota  Yogyakarta yakni menjadikan kota Yogyakarta yang hijau. Wawali berharap kerja sama ini terus dilanjutkan dimasa yang akan datang”.


Usai menyampaikan sambutan Wakil Walikota menerima secara simbolis pohon  yang disampaikan Koordinator Wilayah (Korwil) PT. Astra International Yogyakarta, Agus Susanto dan disaksikan Rombongan PT. Astra International dan Perwakilan dari instansi terkait di pemerintahan KotaYogyakarta.