28 KEPALA SEKOLAH DILANTIK

Sebagai salah satu upaya untuk melakukan perbaikan, penyegaran kepemimpinan dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan, Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Drs Rapingun melantik 28 orang Kepala Sekolah di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta, Kamis (21/2) di Pendopo Balaikota.

Pejabat Kepala Sekolah tersebut terdiri 3 (tiga) orang Kepala Sekolah SMA, 1 (satu) orang Kepala Sekolah SMK, 9 (sembilan) orang Kepala Sekolah SMP, 1 (satu) orang Kepala Sekolah SD, dan 14 (empatbelas) orang Kepala Sekolah TK.

Acara pelantikan yang sekaligus pengambilan sumpah jabatan tersebut disaksikan oleh beberapa pejabat di jajaran Pemerintah Kota Yogyakarta. Tampak hadir juga Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Drs Syamsuri.

Dalam amanatnya Drs Rapingun mengatakan Pemerintah Kota Yogyakarta selalu berupaya meningkatkan kualitas pendidikan melalui berbagai kebijakan di bidang pendidikan dengan harapan sumber daya manusia di Kota Yogyakarta memiliki kecerdasan secara IQ dan EQ, serta tidak tercerabut dari akar budayanya. ”Dari pelantikan Kepala Sekolah ini saya mengharapkan akan lahir sosok kepala sekolah yang handal dan profesional untuk membangun dan menciptakan sekolah yang bermutu,” ujarnya

Menurut Rapingun, Eksistensi seorang kepala sekolah sangat dibutuhkan, dan kemajuan sekolah sangat ditentukan oleh kepemimpinan kepala sekolah.
Selain itu, sebagai seorang pemimpin, kepala sekolah harus mampu menggunakan pengalaman, ketrampilan dan sikap pribadi untuk membangkitkan inspirasi dalam bekerja di lingkungan sekolah. Kepala Sekolah perlu menumbuhkan komitmen di lingkungan kerjanya agar mau bersama-sama membangun budaya komunikasi, kebersamaan dan keharminisan dalam rangka memacu mutu pendidikan.

Dalam kesempatan itu Rapingun mengingatkan bahwa jabatan yang didapat saat ini semata-mata merupakan amanah dan kepercayaan, sehingga mengandung konsekuensi yang harus dibuktikan dengan kinerja yang semakin baik dan profesional.