GAPOKTAN MERGANGSAN GELAR PAMERAN TANAMAN HIAS

Menggabungkan sejumlah Kelompok Wanita Tani (KWT) se Kecamatan Mergangsan untuk memaksimalkan potensi pemanfaatan tamanam hias, Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Kecamatan Mergangsan mengadakan pameran tanaman hias di Halaman Kantor Kecamatan Mergangsan Jl Sisingamangaraja. Pameran ini dibuka oleh Camat Mergangsan Suhardjuno, Bc.Hk  Sabtu (23/2) Pameran dan bursa tanaman hias yang bertema Mergangsanku Hijau, Gapoktanku Jaya  ini akan berlangsung mulai Sabtu (23/2) sampai dengan Selasa (4/3) menampilkan berbagai jenis tanaman baik tanaman hias, tanaman buah, tanaman obat keluarga, dan menampilkan pula stand hasil olahan tanaman pertanian dan sarana pendukung pertanian.

Camat Mergangsan Suhardjuno, Bc. Hk menjelaskan, gelar pameran tanaman hias oleh Gapoktan ini merupakan upaya positif untuk memaksimalkan potensi kelompok-kelompok wanita tani (KWT ) yang ada di Mergangsan, “ Dari pada jalan sendiri-sendiri, diharapkan dengan bersatunya KWT-KWT dalam Gapoktan ini potensi-potensi usaha pertanian di seluruh wilayah Kecamatan Mergangsan dapat dikembangkan lebih lanjut”  kata Suharjuno.
Diharapkan pula dengan bersatunya KWT dalam Gapoktan Mergangsan ini dapat lebih menggerakkan partisipasi masyarakat dalam usaha budi daya tanaman yang mempunyai potensi ekonomi tinggi.
“Dengan event dan program yang dilaksanakan Gapoktan diharapkan pula meningkatnya partisipasi masyarakat dalam usaha budi daya tanaman yang mempunyai potensi ekonomi tinggi. sekaligus mendukung program Jogjaku hijau” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Gapoktan Mergangsan, Hj Fadhil mengatakan pameran ini bertujuan sebagai upaya  untuk memasyarakatkan tanaman hias sebagai tanaman alternatif gerakan penghijauan di lingkungan, dan sebagai media promosi dan komunikasi bisnis tanaman hias dengan masyarakat pecinta tanaman hias.

Ditambahkan oleh Hj Fadhil, berbagai acara untuk menyemarakkan pameran tanaman ini juga telah disiapkan antara lain, lomba penataan stand pameran, lomba melukis dan mewarnai yang akan dilaksanakan Minggu (24/2) pukul 10.00, Pelatihan Budi daya Tanaman Hias yang akan dilaksanakan pada Selasa (26/2) pukul 10.00 WIB dan diselenggarakan pula Kontes Anthurium Non Jenmanii pada hari Kamis (28/2) pukul 13.00 WIB.
Dalam kesempatan ini, dikukuhkan pula Kepengurusan Gapoktan Mergangsan oleh Camat Mergangsan Suhardjuno Bc.Hk dengan Ketua Hj Fadhil (KWT Kusuma) Sekretaris Nugraheni F (KWT Puspita), Bendahara Eny Murniati (KWT Asri 24) dilengkapi Seksi Sarana roduksi Pertanian, Seksi Pemasaran, Seksi Humas, Seksi Teknologi dan Seksi Usaha.

Tugas penting yang diemban Gapoktan ini antara lain menyusun program kerja untuk menumbuhkembangkan kreatifitas dan prakarsa anggota kelompok tani untuk memanfaatkan potensi yang ada serta meningkatkan kemampuan pengolahan usaha tani mengarah secara komersial berkelanjutan.