Walikota Yogya Terima Vaksin Dosis Kedua

Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti menerima suntikan vaksin Covid-19 dosis kedua pada Jumat (19/3) di Rumah Sakit Pratama Yogyakarta. Pemberian vaksin dosis kedua ini setelah melalui serangkaian proses pemeriksaan. Walikota  menghimbau kepada masyarakat terutama lansia menjaga kesehatan agar bisa menerima suntikan vaksin Covid-19 

Haryadi mengatakan, setelah disuntik vaksin dosis pertama dan menjalani pemberian vaksis dosis kedua,  kondisi tubuhnya sehat dan merasa lega.“ Lega rasanya kondisi tubuh saya bisa divaksin. Harapan saya kepada seluruh masyarakat untuk secara disiplin mengikuti schedule penyuntikan dosis kedua dari vaksinasi ini. Sehingga makin sempurna dosis yang diberikan,” tutur Haryadi usai  divaksin dosis kedua.

Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta itu sejak awal mengingatkan dan mengajak masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan. Jika sudah menerima vaksin tahap pertama maka wajib menerima vaksinasi dosis kedua.

“ Untuk seluruh masyarakat terutama lansia terus menjaga kondisi badannya agar tetap sehat saat akan menjalankan vaksinasi. Putra-putri dan cucunya tolong diingatkan karena vaksinasi ini masih terus berjalan,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Emma Rahmi Aryani menyampaikan sejak 8 Maret 2021 sudah diselenggarakan pemberian vaksin dosis pertama khusus lansia. Setidaknya 11 Rumah Sakit Umum (RSU) dan 2 Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak (KIA) di Kota Yogyakarta telah melayani vaksinasi lansia.  Per harinya dibatasi sebanyak 100 lansia yang di vaksin di RSU dan 50 lansia di RSKIA.

“Hari ini di RS Pratama masih berlangsung pemberian vaksin tahap pertama untuk lansia, sekaligus pemberian tahap kedua yang diberikan kepada Walikota Yogyakarta beserta istri. Untuk hari ini vaksin diberikan ke 100 lansia. Sedangkan yang ikut rombongan Walikota sekitar 30 orang,” kata Emma Rahmi Aryani.

Pihaknya menyampaikan hingga saat ini data pemberian vaksin sudah mencapai 30.000 vaksin yang diberikan, dengan pencapaian target sebanyak 46.000 vaksin yang akan diberikan ke warga Kota Yogyakarta.

“ Bagi warga Kota Yogyakarta dihimbau untuk mendaftar vaksinasi Covid-19 yang bisa dilakukan melalui laman yogyakarta.kemkes.go.id dan mengisi data formulir pendaftaran dengan memasukan data Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nama lansia secara benar,” ungkapnya. (Hes)