Wawali Ajak Kapurel Optimalkan Promosi Wisata Yogya 

 

Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta mengadakan Focus Group Discussion (FGD) bersama Keluarga Public Relations (Kapurel) Yogyakarta, dengan tema Kuliner Jogja Menyapa Zaman, Selasa (6/4/21) di Hotel Phoenix Kota Yogyakarta. Wakil Walikota Heroe Poerwadi meminta para pelaku wisata memanfaatkan teknologi informasi untuk mempromosikan potensi wisata salah satunya kuliner Yoyakarta. 
“Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang ada sekarang ini memberikan banyak kemudahan dalam menyampaikan dan menerima informasi tidak terbatas ruang dan waktu. Saya harap FGD ini sebagai langkah mengoptimalkan penggunaaan media untuk promosi pariwisata Kota Yogyakarta yang aman dan nyaman dengan protokol kesehatan,” kata Heroe. 
Menurutnya banyak potensi di sektor industri pariwisata di Kota Yogyakarta dari kampung wisata, kuliner hingga kesenian. Di Kota Yogyakarta terdapat 18 kampung wisata dan kurang lebih 23.000 usaha mikro kecil menengah (umkm) sebagai pendukung usaha wisata. Selain itu, di Kota Yogya terdapat kelompok kesenian tersebar di 14 Kecamatan. 
“Untuk itu saya mohon dukungan dari setiap pelaku usaha wisata, stakeholder pemangku kepentingan, serta dari semua masyarakat untuk mengambil peran, memberi nilai tambah dan membuat pariwisata Yogya lebih meriah, lebih berwarna.  Tentunya dalam hal-hal yang positif dan sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku,” jelasnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata, Wahyu Hendratmoko mengatakan, diadakannya FGD ini diharapkan semua pihak yang terlibat dapat memperluas wawasan dalam pengembangan kuliber dan kegiatan pariwisata.
“Untuk itu, FGD ini dimaksudkan agar dapat memperluas wawasan khususnya terhadap isu strategis dalam pengembangan kuliner Jogja sekaligus dapat menjadi masukan dalam program kegiatan Kepariwisataan Kota Yogyakarta untuk dapat disinkronkan dengan kebijakan kepariwisataan Pemerintah Kota Yogyakarta,” ungkapnya.
Wahyu mengatakan, FGD ini diikuti oleh 30 peserta dari restoran dan rumah makan di Kota Yogyakarta dengan narasumber Wakil Walikota Yogyakarta, Dosen dan Penikmat Gastronomi, Konsultan Public Relations.
“Diharapkan FGD berjalan lancar dan diikuti oleh seluruh peserta dengan baik sehingga hasilnya dapat mendukung strategi komunikasi pariwisata khususnya dalam promosi kuliner Jogja yang berkontribusi pada proses pemulihan sektor pariwisata dengan cepat dan tepat,” jelasnya. (Hes)