Pemkot Yogya Vaksinasi Covid-19 Tokoh Masyarakat dan Agama

Pemerintah Kota Yogyakarta menyelenggarakan vaksinasi bagi tokoh masyarakat, dan tokoh agama di Kantor Kemantren Kotagede, Yogyakarta pada Selasa (6/4). Vaksinasi untuk memberikan perlindungan pada tokoh masyarakat dan tokoh agama yang selama ini berada di garda depan dalam pelayanan kemasyarakatan.

Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi hadir untuk menyaksikan secara langsung pelaksanaan vaksinasi tersebut. Menurut Heroe Poerwadi, Vaksinasi pada Ketua RT, Ketua RW, Ketua Kampung, Ketua LPMK dan tokoh agama merupakan apresiasi atas pengabdiannya dan upaya Pemkot dalam melindungi pilar-pilar kemasyarakatan.

“Vaksinasi tokoh masyarakat dan tokoh agama adalah strategi Pemkot dalam menangkal sebaran covid-19 di masyarakat dan bila berhasil maka konsentrasi berikutnya adalah rumah, “ papar Heroe.

Diharapkan melalui vaksinasi tokoh masyarakat, tokoh agama, pedagang, ASN, relawan di Kota Yogyakarta siap dalam menyongsong lebaran. Termasuk pembelajaran tatap muka di sekolah karena vaksinasi juga menyasar para guru.

“Tinggal satu kecamatan yang menunjukkan zona merah, hal ini membuktikan  kerja keras pemangku kebijakan dan dukungan masyarakat dalam antisipasi covid-19 berjalan dengan baik, “ imbuh Heroe.

Dalam kesempatan tersebut Mantri Pamong Praja Kotagede, Rajwan Taufiq menjelaskan, di Kotagede terdapat 205 tokoh agama dan tokoh masyarakat. Setelah dikurangi ASN dan pelaku usaha yang telah divaksin maka tokoh masyarakat dan tokoh agama yang mengikuti vaksin sejumlah 140 orang.

“Vaksinasi tahap pertama tokoh masyarakat dan tokoh agama di Kemantren Kotagede dilaksanakan selama dua hari Senin (5/4) dan Selasa (6/4). Vaksinasi tahap kedua akan dilakukan di puskesmas,” tambahnya.

Dia menyebut  Kotagede terdapat 164 RT dan dari jumlah itu hanya 8 RT yang masuk dalam zona kuning dan sisanya zona hijau (156 RT). Menurutnya hal itu  mengindikasikan bahwa di Kotagede telah berhasil menekan angka penyebaran  Covid-19.(Ant)