Pemkot Yogya Kembangkan Jalur Sepeda Wisata 'Monalisa'

Pemerintah Kota Yogyakarta akan mengembangkan wisata olahraga (tourism sport) dengan konsep menikmati harmoni Yogya dengan lima jalur sepeda wisata atau Monalisa. Sepeda wisata Monalisa yang melintasi destinasi wisata dan kampung-kampung wisata itu bisa menjadi salah satu alternatif menikmati wisata di Kota Yogyakarta.

“Pemkot Yogyakarta  menggagas jalur wisata sepeda Monalisa. Ini bisa menjadi salah satu alternatif masyarakat untuk menikmati Yogya,” kata Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti dalam workhshop pengembangan objek daya tarik wisata terkait wisata sepeda di Hotel Cavinton, Senin (12/4/2021).

Menurutnya bersepeda menjadi tren masyarakat di masa pandemi. Bersepeda juga menjadi gaya hidup masyarakat dan menjadi inovasi wisata sepeda atau sport tourism. Hal itu membuka peluang-peluang baru dalam mempromosikan pariwisata Kota Yogyakarta dan harapan masyarakat mendapat manfaat.

“Sepeda bukan sekadar olahraga, tapi juga silaturahmi dan jadi sport tourism. Ini jadi bisnis baru. Di media sosial banyak orang yang bersepeda di masa pandemi ini,” tambahnya.

Haryadi menjelaskan Pemkot Yogyakarta juga telah membuat 5 jalur wisata sepeda Gowes Susur Kampung yaitu: Romansa Kota Lawas, Tilik Jeron Beteng, Jelajah Kampung Susur Sungai, Jelajah Kampung 2 dan Rute Taman Pintar. Jalur sepeda itu melalui kampung-kampung wisata, kawasan cagar budaya, daerah-daerah pinggir sungai dan ruang terbuka hijau.

“Kami jamin jalur-jalur sepeda wisata di Yogya aman untuk masyarakat. Tidak melewati jalanan yang curam,” imbuh Haryadi,

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko mengatakan sport tourism adalah bidang baru dan belum banyak berkembang.  Sport tourism menjadi daya tarik wisata baru di masyarakat. Oleh sebab itu Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta mengadakan workshop pengembangan objek daya tarik wisata dengan tema sepeda wisata sebagai inovasi sport tourism wisata speda dan strategi untuk meningkatkan daya tarik pariwisata Yogyakarta di era pandemi.

“Kota Yogya memiliki lima jalur wisata sepeda melalui kampung-kampung wisata dan unik. Dengan branding Monalisa kami sempurnakan lagi lima jalur sepeda wisata dengan koordinasi para pelaku terkait seperti kerja sama wilayah LPMK, PKK pelaku kuliner dan atraksi, layanan jasa sepeda dan asuransi,” ucap Wahyu. (Tri)