Pemkot Berikan Vaksin Astrazeneca bagi Lansia dan Pralansia

 

Upaya Ppenurunan angka Covid-19 terus dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta dengan mulai menggunakan vaksin jenis Astrazeneca saat ini. Wakil Walikot Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan hingga saat ini sebanyak 5.000 dosis sudah digunakan sejak beberapa minggu terakhir.

Wawali sekaligus Ketua Harian Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Heroe Poerwadi berharap, pemberian vaksin saat ini diutama untuk lansia, sehingga pada akhir Juni nanti dapat selesai dan bisa melanjutkan vaksinasi untuk golongan lainnya yakni pralansia.

Heroe menambahkan, dosis vaksin Astrazeneca ini sudah diberikan kepada masyarakat kurang lebih 5000 vaksinasi. 

''Sebagian besar dosis sudah diberikan kepada masyarakat melalui beberapa lokasi vaksinasi. Ke depannya pemberian vaksin akan menyesuaikan stok dari pemerintah pusat. Diharapkan semua elemen masyarakat baik lansia dan pralansia bisa menyesuaikan untuk pemberian vaksinasi," ungkapnya.

Untuk saat ini, Heroe menjelaskan penggunaan vaksin Astrazeneca ini aman diberikan. Harapanya setelah diberikan vaksin masyarakat tidak mengalami keluhan atau masalah dari mayoritas dosis vaksin yang sudah diberikan kepada masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Emma Rahmi Aryani mengatakan, vaksin Astrazeneca sudah diberikan sejak tiga minggu yang lalu melalui fasilitas kesehatan di Kota Yogyakarta. ''Sudah diberikan ke fasyankes dan empat rumah sakit utama di Kota Yogyakarta. Untuk masyarakat diharapkan segera melakukan vaksin baik lansia maupun pralansia," jelasnya.

Emma berharap di akhir bulan Juni ini vaksin bagi lansia dan pralansia bisa segera selesai. '' Untuk layanan publik tidak berhenti sampai sekarang masih berjalan lancar. Untuk pemberian sinovac juga masih berjalan dosis kedua. Diharapkan masyarakat tidak perlu khawatir, pemberian vaksin sudah melalui uji BPOM dan aman," Kata Emma. (Hes)