Tingkatkan Keterampilan Pengelolaan Website OPD, Pemkot Yogya Gelar Bimtek

Dalam rangka meningkatkan kemampuan pengelolaan website di masing-masing organisasi perangkat daerah (opd)  yang berada di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Yogyakarta menggelar bimtek pengelolaan website opd.

Tujuan dari bimtek tersebut, yaitu agar para pegawai OPD di lingkungan Pemkot Yogyakarta memiliki keahlian dan kemampuan dalam mengelola situs websitenya secara menarik, berkualitas, kreatif, inovatif serta dinamis.

Sekda Kota Yogyakarta, Aman Yuriadijaya mengungkapkan informasi merupakan komponen penting dalam menunjang kinerja pemerintahan serta meningkatkan peran serta masyarakat.  Salah satu media yang cukup populer digunakan saat ini adalah website pemerintahan.

"Melalui website masyarakat dapat mengakses serta memberikan kritik dan saran terhadap unit kerja pemerintah dalam melayani masyarakat," ujarnya saat membuka bimtek tersebut di royal darmo hotel, Selasa (8/6/2021).

Dengan adanya komunikasi timbal balik yang terjalin melalui website tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan dari pemerintahan serta kualitas kehidupan dari masyarakat.

"Website merupakan salah satu sarana instansi pemerintah untuk memberikan pelayanan bagi masyarakat. Karenanya, website yang menarik dan up to date dari segi tampilan maupun konten sudah selayaknya disediakan oleh setiap instansi pemerintah," ujarnya.

Kedepan, katanya, pengelola website wajib mengisi konten sesuai dengan kegiatan di masing-masing opd. Tujuannya agar masyarakat mengetahui berbagai kegiatan pemerintahan yang dilaksanakan.

Sementara untuk pengelola website yang berada di wilayah agar dapat memanfaatkan website resmi Kelurahan atau Kemantren untuk mempromosikan/mengekspos berbagai potensi yang dimiliki.

"Salah satu faktor yang menyebabkan kurang berkembangnya tempat wisata adalah kurangnya promosi atau penyampaian informasi kepada para wisatawan. Dengan menggunakan website resmi pemerintah dapat digunakan untuk mengekspos berbagai potensi ke khalayak luas," ujarnya. (Han)