Mental Tenang dan Pikiran Positif Dukung Kelancaran Vaksinasi

 


Pemberian vaksinasi secara massal terus dilakukan oleh Pemkot Yogyakarta untuk memutus penyebaran Covid-19. 
Vaksinasi massal kali ini dilaksanakan Kemantren Kotagede, Selasa (8/6) di SMA Negeri 5 Kota Yogyakarta. Total peserta sebanyak 1261 orang terdiri dari lansia, pra lansia, LPMK, PKK RT/RW Kelurahan  Kemantren, takmir masjid, marbot, Linmas, relawan KTB dan Satgas Covid 19. 

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan, bagi para lansia yang hendak diberi vaksin harus memiliki mental yang tenang dan selalu berfikir positif untuk kelancaran pengecekkan kesehatan sebelum diberikan vaksin.

'' Ibu-ibu kalau kepikiran takut divaksin, nanti ketika ditensi malah naik. Jadi ibu-ibu atau bapak-bapak santai saja dan tetap berfikir positif. Insya Allah jika tenang dan tidak terlalu  dipikirkan, nanti saat  di tensi tidak naik,'' ungkapnya.

Kegiatan vaksinasi berlangsung dua hari Selasa-Rabu tanggal 8-9 Juni 2021 pukul 08.00-13.00 WIB. ''Kalau kita sering melanggar protokol kesehatan sama saja vaksin tidak akan ada gunanya, jadi saya berharap semua yang sudah divaksin tetap memperhatikan protokol kesehatan," kata Heroe.

Upaya pemerintah melalui pemberian vaksinasi bagi warga Kota Yogyakarta ini diharapkan dapat sedikit demi sedikit mengurangi angka penderita Covid-19. 

''Kita bisa mengakhiri pandemi dan menjadikan kehidupan normal, semuanya mematuhi protokol kesehatan dengan mencuci tangan, memakai masker dan lain sebagainya. Jika itu semua dilakukan maka Insya Allah Kota Yogyakarta akan segera bangkit dan normal seperti sebelum pandemi. Semoga semuanya diberikan kemudahan dan kekuatan melewati pandemi dan keluar sebagai pemenang bagi kehidupan kita setelah pandemi ini berakhir," ujar Wawali.
 
Sementara itu, Kepala Sekolah SMA Negeri 5 Kota Yogyakarta, Fadiyah Suryani mengatakan, semua peserta vaksinasi tertib dan lancar dalam pelaksanaannya. Kegiatan vaksinasi massal ini ditujukan bagi tokoh agama dan tokoh masyarakat  Kemantren Kotagede. Ia berharap dari jumlah peserta 1261 vaksinasi setelah di vaksin selalu sehat.

Dari data tersebut dibagi menjadi dua kategori pemberian vaksin yakni untuk usia 50 tahun ke atas diberikan kepada 785 peserta. Sedangkan untuk 50 tahun kebawah diberikan kepada  476 peserta vaksinasi. (Hes)