30 Peserta Maju Grand Final Dimas Diajeng Jogja 2021

Pemilihan Dimas Diajeng Kota Jogja tahun 2021 yang diadakan Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta akan memasuki tahapan grand final. Dari sekitar 150 peserta yang mendaftar dan melalui beberapa seleksi, sebanyak 30 peserta di antaranya maju grand final Dimas Diajeng Kota Jogja 2021.

“Para finalis telah melalui tahapan panjang dan sekarang memasuki tahapan karantina selama tiga hari. Mereka akan maju dalam puncak grand finalis pemilihan Dimas Diajeng 2021 pada Sabtu 12 Juni,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko dalam jumpa pers Pemilihan Dimas Diajeng Kota Jogja 2021, di Hotel Tara, Rabu (9/6/2021).

Sebelum memasuki karantina, para finalis Dimas Diajeng Kota Jogja 2021 telah melalui seleksi administrasi, wawancara dan tes psikotes. Termasuk unjuk bakat berkolaborasi dengan seniman di Kota Yogyakarta. Proses seleksi dilakukan secara daring dan luring dengan menerapkan protokol kesehatan.

Dia menyatakan pariwisata menjadi urat nadi pembangunan di Kota Yogyakarta. Oleh sebab itu Pemkot Yogyakarta serius dalam mengelola pariwisata. Terutama di masa pandemi dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan dan promosi pariwisata Yogyakarta. Oleh sebab itu Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta berkomitmen untuk terus melaksanakan pemilihan Dimas Diajeng walaupun kini dalam masa pandemi.

“Ini agar Kota Yogyakarta tetap bisa membranding citra pariwisata positif dengan keberadaan Dimas Diajeng. Bahwa kaum muda di Yogyakarta benar-benar kaum muda dinamis, berbudaya, inovatif dan peduli dengan kotanya. Khususnya di bidang pariwisata,” terangnya.

Wahyu menjelaskan ada beberapa poin yang menjadi penilaian dalam Grand Final Pemilihan Dimas Diajeng Kota Jogja 2021 di antaranya terkait pariwisata, kebudayaan dan pemerintahan. Juri yang dilibatkan juga mewakili ketiga unsur tersebut. Salah satu hal yang menjadi penilaian terkait strategi untuk memulihkan pariwisata di Kota Yogyakarta di masa pandemi.

“Energi berlebih dari para kaum muda kami manfaatkan untuk memulihkan pariwisata Jogja. Keberadaan Dimas Diajeng menjadi kekuatan dalam promosi pariwisata  Jogja. Mereka melek media sosial sehingga para finalis kami harapkan mempromosikan hal-hal positif tentang Jogja seperti pariwisata kuliner hingga tempat-tempat yang belum dieksplor,” jelas Wahyu.

Malam grand final pemilihan Dimas Diajeng Kota Jogja 2021 akan dilaksanakan secara daring dan luring. Dia menuturkan tamu yang hadir secara luring dalam grand final dibatasi untuk menjaga protokol kesehatan. Namun keluarga para finalis dan masyarakat dapat memberikan dukungan secara daring melalui kanal Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta pada Sabtu (12/6/2021) pukul 19.00 WIB.

Dalam Pemilihan Dimas Diajeng Kota Jogja 2021 akan dipilih beberapa kriteria juara yakni Dimas Diajeng Terpilih Kota Jogja 2021, Wakil I  dan Wakil II Dimas Diajeng Kota Jogja, Harapan I dan Harapan II Dimas Diajeng Kota Jogja, Atribut Berbakat Dimas Diajeng Kota Jogja serta Atribut Favorit Dimas Diajeng Kota Jogja. (Tri)