RW 06 Kumendaman Kampung Tiblantas Berbasis Kearifan Lokal

RW 06, Kumendaman, Suryodiningratan, Mantrijeron, Yogyakarta mendapatkan penilaian oleh Ditlantas Polda DIY dalam Program Lomba Kampung Tertib Lalu pada hari Kamis (10/6). RW 06, Kumendaman sebelumnya telah diresmikan sebagai kampung tertib lalu lintas pada bulan Maret 2021 lalu oleh Satlantas Polresta Yogyakarta. Penilaian ini dilakukan sebelum akhirnya nanti dilakukan penilaian lebih lanjut oleh Korlantas Polri yang akan diadakan 8 Juli 2021 mendatang.

"RW 06, Kumendaman ini memang sudah sejak tahun 2017 merupakan rintisan kampung tertib lalu lintas. Pada 23 Maret 2021 dikukuhkan Kapolresta sebagai kampung tertib lalu lintas," kata Wakasatlantas Kota Yogyakarta, AKP Jarot Hermawan.

AKP Jarot dalam sambutannya mewakili Kasatlantas mengatakan bahwa praktik pemahaman kedisiplinan tata tertib lalu lintas di RW 06, Kumendaman harapannya menjadi contoh bagi kampung-kampung lainnya. Hal ini menurutnya sangat membantu pihak kepolisian khususnya Satuan Lalu Lintas dalam menciptakan ketertiban lalu lintas dan menekan angka kecelakaan lalu lintas.

"Kami di RW 06, Kumendaman melakukan berbagai inovasi dan pergerakan khususnya bagi warga Kumendaman sendiri untuk disiplin dalam berlalu lintas. Salah satunya inovasi berbasis kearifan lokal, yakni melalui pengeras suara, setiap harinya melalui pengeras suara kami umumkan nilai-nilai kedisiplinan berlalu lintas," kata ketua RW 06, Kumendaman, Triyono.

Triyono dalam sambutannya menambahkan inovasi-inovasi lainnya dalam menerapkan kedisiplinan berlalu lintas bagi warganya. CCTV yang dikelola oleh warga dikatakan Triyono sangat bermanfaat. Triyono sebagai ketua RW menjadi lebih ketat dalam memantau warga yang melintas di area kampung Kumendaman yang sudah dipasang CCTV.

"Kami melarang dengan keras, anak usia SD dan SMP mengendarai sepeda motor. Tidak hanya anak-anak sekolah yang berlokasi di Kumendaman, namun juga anak-anak yang merupakan warga Kumendaman sendiri. Warga juga dilarang keras menyediakan lahan parkir bagi siswa sekolah yang berlokasi di Kumendaman," tegas Triyono.

Ketegasan RW 06, Kumendaman dalam mendisiplinkan warganya dalam berlalu lintas merupakan awalnya tidak berjalan mulus begitu saja. Beberapa warga awalnya masih merasa kurang nyaman dengan disiplin tertib lalu lintas yang dicanangkan ketua RW 06, Kumendaman, namun seiring berjalannya waktu hal ini justru menghantarkan RW 06, Kumendaman untuk mengikuti lomba kampung tertib lalu lintas yang nantinya dinilai oleh Korlantas Polri. (And)