Walikota Yogyakarta H Herry Zudianto membeberkan rahasia kiat sukses
pengembangan UKM kepada seluruh pengusaha kecil menengah di Kota
Yogyakarta yang mengikuti Gathering UKM bersama Jogja TV di Ruang Utama
Atas Balaikota, Kamis malam (26/6)
Dalam paparannya, Herry Zudianto menyebutkan ada beberapa hal pokok dan
penting yang perlu dilakukan oleh pengusaha kecil dan menengah untuk
mengembangkan usahanya, yaitu kemampuan pengusaha UKM untuk memperkuat
jaringan penjualan dan kemampuan untuk penetrasi pasar.
Dalam memperkuat jaringan pemasaran dan penetrasi pasar ini pula masih ada
kiat-kiat khusus lainnya yang perlu dilatih antara lain setiap pengusaha
harus mempunyai jiwa suka menolong orang, dengan jiwa suka menolong,
pengusaha akan sangat peka terhadap pembeli.
“Tujuan menjual barang itu ibarat menolong orang untuk memenuhi
permintaannya, sehingga kalau ada keluhan dari pembeli akan dengan mudah
menanggapinya, dengan kemampuan ini kita juga akan peka bagaimana agar
produk kita lebih baik dan lebih memuaskan. Jangan sampai kita melihat
konsumen itu kecewa setelah membeli produk kita. Degnan kepuasan konsumen,
konsumen akan loyal terhadap produk kita” kata Herry Zudianto
Selanjutnya, pengusaha UKM harus suka tantangan, berani mencoba hal baru
dan berani menghadapi resiko yang mungkin terjadi.
“Kita harus berani mencoba hal baru dalam mengembangkan produk kita, siapa
tahu berhasil baik, dan sekiranya gagal bisa dipelajari dimana sumber
kegagalannya” tambah Herry.
Kiat selanjutnya adalah menjaga kepercayaan terhadap semua relasi dan
pihak lain yang ikut mendukung usaha seperti bank dan lembaga perkreditan
lainnya.
“Kalau kita bisa menjaga kepercayaan maka lembaga kredit akan mudah
mengucurkan dananya untuk pengembangan usaha kecil, bahkan mereka yang
akan meminta kita untuk mengajukan kredit ke banknya.” Tambah Herry.
Faktor penting lainnya dalam pengembangan usaha adalah pembukuan keuangan
yang baik, sikap ramah dalam hubungannya dengan upaya memperluas pasar,
tidak mudah putus asa, dan suka belajar baik dari media cetak maupun
elektronik tentang hal positif terlebih tentang peluang pasar produk yang
di kembangkan.