Dindikpora Ajak Pemuda Ikuti Lomba Pelopor Pemuda Tahun 2021


 
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kota Yogyakarta bersama dengan Forum Pemuda Pelopor Kota Yogyakarta (FPPKY) mengadakan kembali pemilihan Pemuda Pelopor Kota Yogyakarta Tahun 2021. Pendaftaran sudah dibuka sejak 1-10 Juli 2021.
Kepala Seksi Pembinaan Kepemudaan, Husni Eko Prabowo mengatakan, kegiatan ini nantinya mencari pemuda yang punya kepeloporan di wilayahnya masing-masing. Dalam hal ini semua kabupaten melaksanakannya.
“ Pendaftaran sudah dimulai sejak 1-10 Juli 2021 dimana penyelenggaraannya secara online. Selanjutnya peserta diberikan technical meeting pada 12 Juli 2021 secara zoom meeting. Hal ini menyesuaikan PPKM yang sampai saat ini masih berjalan hingga 20 Juli 2021,” ungkapannya.
Adapun 5 bidang yang menjadi fokus pemilihan Pelopor Pemuda Tahun 2021 yakni di bidang Pendidikan, Pangan, Inovasi Teknologi, Sumber Daya Alam dan Pariwisata, Agama dan Budaya. Peserta yang mendaftar sebagai pemuda pelopor nantinya mengumpulkan form pada 13-16 Juli 2021 di Dindikpora atau melalui online.
“ Adanya kegiatan ini memiliki dampak positif dari wilayah tersebut, lomba ini merupakan lomba yang cukup sulit karena tidak semua memiliki jiwa pelopor apalagi masih muda. Sosialisasi sudah kita lakukan sampai tingkat kelurahan,” jelasnya.
Jika tahun-tahun sebelumnya tim juri terjun langsung ke wilayah dan mendengarkan langsung presentasi dari peserta pelopor pemuda, namun beda halnya dimasa pandemi ini peserta pelopor menjelaskan tentang kepeloporannya melalui video yang diambil dan dikirimkan ke Dindikpora Kota Yogyakarta.
“ Kriterianya yang jelas KTP harus warga Kota Yogyakarta , usia 16-30 tahun, memiliki kepeloporan yang sudah dilaksanakan minimal 1 tahun sebelum penilaian itu saja. Sampai saat ini kami dibantu 32 Organisasi Kepemudaan (OKP) dan mantan pemuda pelopor dalam melaksanakan kegiatan ini. kami dari Dindikpora hanya memfasilitasi dan mensupport kegiatan tersebut,” Kata Husni pada wawancara, Jumat (16/7/21).
Sementara itu, Sekretaris Umum FPPKY Indra Haryanto menjelaskan, bagi Calon peserta pelopor pemuda membuat video profil selama 10-15 menit dan dikirim ke Dindikpora Kota Yogyakarta.
“ Video tersebut menjelaskan apa bentuk kepeloporannya dengan mencantumkan testimoni dari masyarakat yang berada disana, dan nantinya dewan juri menonton dan konfirmasi secara daring yang dilaksanakan pada 8 hari yakni tanggal 22-28 juli 2021,” ungkapannya.
Harapannya, dengan banyaknya pemuda pelopor ini menjadi salah satu pemuda yang mempunyai budaya dan kekuatan untuk mensejahterakan lingkungan tempat tinggalnya.
“ Harapannya Kota Yogyakarta tahun 2019 lalu bisa mengirimkan satu peserta untuk dimajukan pada lomba pelopor nasional, dimana pada lomba tersebut menjadi peringkat tiga pelopor pemuda nasional di bidang inovasi dan teknologi harapannya tahun ini minimal bisa dua atau tiga yang lolos seleksi nasional,” Kata Indra. (Hes)