Pemkot Luncurkan Gerakan Jogja Merdeka Vaksin

Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta terus berkomitmen dalam membentuk herd imunity di Kota Yogyakarta, keseriusan ini pun di buktikan dengan diluncurkannya gerakan Jogja Merdeka Vaksin.

Dalam peluncuran tersebut juga digelar vaksiniasi masal di tiga tempat sekaligus, yakni di Kemantren Mergangsan, Kemantren Danurejan, dan Kemantren Tegalrejo.

Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti mengungkapkan bahwa Pemkot Yogya menargetkan seluruh warga Kota Yogyakarta pada tanggal 17 Agustus 2021 sudah divaksin.

Pihaknya menambahkan Pemkot Yogya tak henti-hentinya menggelar vaksinasi di berbagai tempat. "Pemkot Yogya terus menyelenggarakan vaksinasi setiap harinya, 7 hari dalam seminggu, dari Senin sampai Minggu, dengan target jumlah vaksinasi bervariasi setiap harinya,  harapannya seluruh warga Kota Yogyakarta yang telah tervaksin," jelasnya di Kemantren Mergangsan, Senin (26/7/2021).

Pada kesempatan tersebut orang nomer satu di Kota Yogyakarta ini mengungkapkan salah satu usaha terbaik sekaligus bentuk partisipasi yang dapat dilakukan untuk membendung laju penyebaran Covid-19 adalah melalui vaksinasi.

Menurutnya vaksinasi memberikan kemampuan dan perlindungan bagi tubuh setiap orang untuk dapat mengenali dan menghalau virus yang masuk.

"Ini merupakan ikhtiar kita bersama, sekaligus mengakselerasi upaya agar pandemi ini cepat teratasi dan terselesaikan, ekonomi masyarakat kembali pulih dan bangkit, serta harapannya, segala sesuatu akan kembali normal seperti semula," katanya.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan, jumlah warga Kota Yogya yang telah memperoleh vaksinasi per hari Minggu, 25 Juli 2021 adalah sebanyak 113.212 warga atau sudah mencapai 32,1 % dari jumlah wajib vaksinasi penduduk Kota Yogta berusia 12 tahun yaitu 352.599 jiwa.

Sehingga, katanya, untuk warga Kota Yogyakarta sendiri yang belum memperoleh vaksinasi sebanyak 239.387 warga.

"Dalam sisa waktu hari kerja 21 hari sebelum tanggal 17 Agustus 2021, angka ideal untuk agar semua warga tervaksin kurang lebih membutuhkan angka 11.300 warga divaksin per harinya," jelasnya.

Di Kota Yogya sendiri, tambahnya, jumlah kasus aktif Covid-19 perhari Minggu, 25 Juli 2021 adalah sebanyak 3.628 kasus dengan tingkat kesembuhan sebesar 74,7%.

Ia berharap seluruh warga kota Yogya dapat berperan aktif dalam mendukung pelaksanaan program vaksinasi melalui berbagai bentuk.

"Partisipasi dari segenap masyarakat, ketua RT, ketua RW, ketua Kampung, organisasi kemasyarakatan, organisasi keagamaan serta berbagai komunitas masyarakat mulai dari proaktif melakukan pendaftaran vaksinasi, mengajak dan membantu anggota keluarga atau warga lain yang memenuhi syarat, hingga menjadi relawan untuk program vaksinasi," ucapnya.

Dengan keterlibatan semua pihak serta dengan mengoptimalkan sumber daya yang ada, pihaknya pun optimis target 70 % warga tervaksin dapat dicapai.

"Sehingga pada tanggal 17 Agustus 2021 yang akan datang, kita tidak hanya akan memperingati kemerdekaan RI yang ke- 76 tetapi juga merayakan Kota Jogja Merdeka Vaksin," harapnya. (Han)