Perpustakaan Kota Yogya Kembali Layani Peminjaman Drive Thru

Kabar gembira bagi warga masyarakat yang gemar membaca buku, kini Perpustakaan Kota Yogyakarta telah membuka layanannya setelah beberapa waktu lalu menutup total layanan tersebut selama kebijakan Pemberlakuan Pengetatan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat.

Kepala Bidang Pengelolaan Perpustakaan dan Pengembangan Gemar Membaca Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta, Nunun Zulaikha mengatakan jika layanan perpustakaan mulai tanggal 26 Juli 2021 lalu telah membuka layanannya secara terbatas.

"Sehubungan dengan adanya perpanjangan PPKM level 4 Jawa-Bali, mulai tanggal 26 Juli 2021 layanan Perpustakaan dibuka secara terbatas, yakni hanya untuk peminjaman dan pengembalian buku melalui Saparau," bebernya, Jumat (30/7/2021).

Untuk diketahui layanan Saparatu ini adalah sarana untuk peminjaman dan pengembalian buku langsung tanpa turun dari kendaraan.

"Masyarakat bisa meminjam buku dan mengembalikan dengan memanfaatkan loket yang tersedia di Perpustakaan Kotabaru," katanya.

Prosesnyapun mudah, setelah datang ke loket pelayanan masyarakat tinggal menyebutkan buku yang dibutuhkan setelah itu petugas yang akan mencarikan ke dalam perpustakaan dan menyerahkan kepeminjam.

"Pelayanan yang diberikan tidak kurang dari 5 menit. Memang ada pembatasan jam operasional yaitu pada hari Senin hingga Jumat dilayani pada pukul 09.00 sampai 13.00 WIB, sementara pada hari Sabtu dan Minggu layanan tutup," ujarnya.

Nunun mengatakan selama menutup layanan perpustakaan beberapa waktu lalu Perpustakaan Kota Yogyakarta melakukan penyegaran bahan pustaka sekaligus sterilisasi terhadap seluruh sarana dan prasarana pustaka sesuai protokol kesehatan.

“Kami lakukan pembersihan menggunakan disinfektan sesuai ketentuan kesehatan,” katanya.

Pihaknya pun berpesan kepada sobat pustaka agar terus disiplin menerapkan protokol kesehatan 5M yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas. (Han)