POSKO LAYANAN PUBLIK IDUL FITRI 1429 H DI KOTA YOGYAKARTA

Berkenaan dengan pelaksanaan Cuti Bersama dan hari Libur Nasional Hari Raya Idul Fitri 1429 H tanggal 29 September hingga 4 Oktober, Pemerintah Kota Yogyakarta membuka Posko Pelayanan Publik Masa Liburan.  Optimalisasi pelayanan publik ini akan dilakukan dengan membuka posko-posko gugus tugas oleh berbagai SKPD sesuai ketugasan masing-masing yang siaga selama masa liburan.  Dengan demikian diharapkan terwujud keamanan, ketentraman dan ketertiban selama masa liburan Hari Raya Idul Fitri.

Posko Layanan Publik Idul Fitri 1429 H, antara lain :

  1. PELAYANAN KESEHATAN

Pelayanan kesehatan ini meliputi Pelayanan Puskesmas 24 jam yang diberikan oleh Puskesmas Jetis, Jl Diponegoro 91 telp 554801, Puskesmas Tegalrejo, Jl Magelang km 12 telp 586841, Puskesmas Mergangsan,Jl Kol Sugiyono telp 373249. Selain itu juga dilakukan pelayanan khusus oleh Puskesmas lain se-Kota Yogyakarta yang buka pada tanggal 29 dan 30 September serta 4 Oktober pk. 08.00 s/d 12.00 WIB dan Jumat 3 Oktober pk. 08.00 s/d 11.00 WIB.

Pelayanan kesehatan juga dibuka di Stasiun Tugu Yogyakarta pada tanggal 2 s/d 5 Oktober selama 24 jam. Layanan ini merupakan kerjasama dengan PT Askes dan PT KAI. Selain layanan tersebut beberapa posko kesehatan juga dibuka Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta pada tanggal 26 s/d 27 Oktober di Taman Parkir Abubakar Ali, PMI membuka posko di Galeria Mall, Kebun Binatang Gembiraloka, dan Terminal Giwangan. Untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang akan mengurus klaim atas pembiayaan kesehatannya, UPT PJKD/Jamkesda membuka pelayanan di Kantor Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Jl Prof Dr Sardjito 5 telp. 515868/515869 pada tanggal 29,30 September dan 4 Oktober pk. 09.00 s/d 13.00 dan tanggal 3 Oktober pk. 08.30 s/d 11.00.

  1. POSKO KESEJAHTERAAN SOSIAL

Posko ini dibuka untuk penanganan permasalahan social seperti orang terlantar, dll. Posko dibuka di Kantor Dinas Kesejahteraan Sosial dengan jam pelayanan pk. 08.00 s/d 17.00 WIB dengan Hotline Service (0274) 563730.

3.  POSKO PENANGANAN SARANA PRASARANA UMUM

Dinas Kimpraswil membuka posko untuk penanganan permasalahan sarana prasarana umum, selain dilakukan pemantauan dibuka juga posko di Kantor Dinas Kimpraswil dengan Hotline Service (0274) 515867.

4. POSKO PERHUBUNGAN

Dinas Perhubungan akan melakukan pemantauan lapangan dan membuka posko di Jalan Magelang dan Terminal Giwangan dengan 24 jam pelayanan selama H-7 hingga H+7 dengan Hotline Service (0274) 561787.

5. PENANGANAN TRANTIBUM

Dalam rangka mewujudkan keamanan, ketentraman dan ketertiban umum selama masa liburan Hari Raya Idul Fitri, maka dilakukan pemantauan gangguan trantib (pelanggaran perda) di sepanjang jalan Malioboro hingga Alun-alun Utara selama H-7 hingg H+7. Petugas Dinas Ketertiban akan bergabung dengan Petugas Poltabes Yogyakarta di 8 (delapan) Pos PAM. Hotline Service penangnan pengaduan gangguan trantib di nomor (0274) 561415.

6. POSKO PERINDAGKOP

Selama masa liburan Hari Raya Idul Fitri, 29-30 September dan 3-4 Oktober 2008, Dinas Perindagkop membuka piket Posko dengan Hotline Service (0274) 515865 psw 219 (kantor) dan 08156807170 (M. Imam Nurwahid).

  1. POSKO KEBERSIHAN DINAS LINGKUNGAN HIDUP

Posko ini dibuka 28 September hingga 5 Oktober pk. 05.00 s/d 20.00 WIB di 7 (tujuh) kantor sektor yaitu :

  1. Gedongtengen untuk kawasan Malioboro s/d Kranggan
  2. Jl Sugeng Jeroni untuk kawasan Wirobrajan dan Mantrijeron
  3. Taman Sari untuk kawasan Jeron Beteng Kraton
  4. Tungkak untuk kawasan Mergangsan dan Umbulharjo
  5. Jl Kemasan untuk kawasan Kotagede
  6. Jl Gunungketur untuk kawasan Pakualaman
  7. Jl Krasak untuk kawasan Umbulharjo dan Gondokusuman

Hotline Service (0274) 515876.

  1. PENGAMANAN HARI RAYA IDUL FITRI

Pengamanan Hari Raya dilakukan melalui Operasi Ketupat Progo 2008 yang dimulai 24 September hingga 9 Oktober 2008 (selama 16 hari) khususnya mencakup masa arus mudik / balik, sholat Idul Fitri dan Rekreasi / wisata.(ism)