Walikota Ikuti Upacara HUT RI ke 76 di Gedung Agung Yogyakarta

Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti mengikuti upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-76 di halaman Gedung Agung istana negara Yogyakarta, Selasa (17/8/2021).

Datang tepat pada pukul 06.30 WIB, ia mengenakan Pakaian Sipil Lengkap (PSL) yakni dengan jas dan celana hitam.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang memulai upacara  pada pukul 10.00 WIB, upacara kali ini dimulai pukul 07.00 WIB.  

Upacara yang dipimpin oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X ini digelar secara sederhana dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat.

Seluruh hadirin peserta upacara juga wajib mengenakan masker dan berdiri dengan jarak minimal, selain itu pada upacara kali ini tidak banyak tamu undangan yang dihadirkan lantaran untuk menghindari kerumunan.

Selain itu upacara kali ini juga tak banyak pasukan yang terlibat, hanya diikuti beberapa kesatuan saja karena menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

Suasana upacara semakin khidmat saat pasukan pengibar bendera sang merah putih memasuki lapangan upacara. Pasukan pengibar bendera yang berasal dari siswa SMA berprestasi se-DIY ini tampil mengesankan sejak masuk lapangan hingga mengibarkan bendera.

Di tengah kesederhanaan pelaksanaan upacara tersebut, dalam sambutannya Gubernur DIY menegaskan momentum itu justru bisa meneguhkan makna kemerdekaan buka sekedar kata.

"HUT RI ke-76 di tengah wabah Covid-19 adalah momentum untuk meneguhkan makna kemerdekaan, karena sejatinya kemerdekaan tak ada keterbatasan untuk menghalangi manusia berkembang meningkatkan potensi yang ada. Mendorong kultur keunggulan juga harus dilakukan terutama di bidang pendidikan," ungkapnya. (Han)