Pemkot Yogya Siapkan Mobil Layanan Vaksinasi Covid-19   

Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta terus mempercepat kapasitas vaksinasi Covid-19. Mulai dari pelayanan reguler di fasilitas layanan kesehatan hingga menggelar kegiatan vaksinasi Covid-19 di beberapa tempat. Hal terbaru Pemkot Yogyakarta menyiapkan mobil layanan vaksinasi Covid-19 untuk menjangkau masyarakat di RT/RW dan kampung yang kesulitan mengakses vaksin.

“Jadi mobil vaksinasi ini adalah ambulan yang dimodifikasi untuk mendistribusikan vaksin ke masyarakat,” Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi, usai Upacara HUT ke-76 Kemerdekan RI di Balai Kota, Selasa (17/8/2021).

Satu unit mobil layanan vaksinasi Covid-19 tengah disiapkan dan dilengkapi dengan peralatan dan fasilitas pendukung. Mobil layanan vaksinasi Covid-19 menggunakan mobil ukuran mini bus berwarna ungu. Bagian belakang digunakan untuk pelayanan vaksinasi Covid-19. Terkait kapasitas mobil layanan vaksinasi Covid-19, pihaknya menuturkan masih akan dibahas.

“Harapan kami minggu ini sudah bisa dioperasikan untuk percepatan vaksinasi agar semakin massif,” ujarnya.

Menurutnya mobil layanan vaksinasi Covid-19 itu adalah salah satu upaya untuk mempercepat vaksinasi di Kota Yogyakarta. Heroe menyebut Pemkot Yogyakarta meningkatkan kapasitas vaksinasi Covid-19 dari sebelumnya sekitar 2.300 dosis/hari menjadi 6.500 dosis/hari.

“Makanya kami harus menggerakan banyak pihak untuk meningkatkan kapasitas vaksin. Untuk menjangkau di RT/RW kampung bagi warga yang belum vaksin, kami menggerakan mobil layanan vaksinasi,” ucap Heroe.

Untuk mempercepat kapasitas vaksinasi Covid-19 Pemkot Yogyakarta selama ini  membuka layanan reguler di fasilitas layanan kesehatan 18 puskesmas, 3 rumah sakit dan 2 klinik. Termasuk menggelar kegiatan vaksinasi rutin di beberapa tempat di antaranya di XT Square dan PDAM Tirtamarta serta sekolah- sekolah.

“Apalagi kami ada tambahan personel dokter dari TNI dan dokter internship. Ini yang akan kami pakai untuk mempercepat vaksinasi. Ada mobil vaksinasi dari Pemkot Yogya untuk menguatkan operasional mobil vaksinasi dari kepolisian dan TNI,” tambahnya.

Secara terpisah Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti mengatakan Pemkot Yogyakarta menyiapkan mobil vaksin untuk menjangkau layanan vaksinasi kepada masyarakat yang memiliki hambatan mendatangi tempat- tempat vaksinasi. Misalnya warga yang berusia lanjut dan penyandang disabilitas.

“Mobil vaksin akan dilengkapi petugas vaksin. Jemput bola warga yang kesulitan mendatangi tempat vaksin dengan mobil vaksin. Seperti mobil SIM, bisa juga di tempat- tempat keramaian kami datangkan mobil vaksin. Tapi tetap harus jelas tata kelola administrasi, datanya, kesehatannya dan harus memenuhi kriteria untuk bisa divaksin,” terang Haryadi.(Tri)