Wawali Serahkan Pemenang Lomba Pemuda Pelopor Tahun 2021


 

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kota Yogyakarta bersama dengan Forum Pemuda Pelopor Kota Yogyakarta (FPPKY) telah berhasil memilih para juara Pemenang Pemuda Pelopor 2021 pada lima bidang perlombaan yakni Pangan, Pendidikan, Inovasi Teknologi, Agama, Sosial dan Budaya serta Sumber Daya Alam, Lingkungan dan Pariwisata. Hadiah diserahkan oleh Wakil Walikota Yogya Heroe Poerwadi, beberapa waktu lalu di Dinas Pendidikan dan Olahraga (Dispora) Kota Yogya.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kota Yogyakarta, Budi Asrori mengatakan, kegiatan pemilihan pemuda pelopor Kota Yogyakarta dilakasankan dalam beberapa tahap. Tahap pertama sudah dilaksanakan tahap Publikasi dan Informasi 

Kegiatan yang dilaksanakan selama 15 hari yakni 1-15 Juli 2021 dengan menggunakan media, Spanduk Lapangan, Pamflet, Media Sosial.

Dari pemberitahuan tersebut terdapat 35 pemuda kota Yogyakarta yang mendaftar. Namun setelah berkas terkumpul dan dilakukan screaning atau seleksi adminitrasi,  yang dinyatakan lolos dalam seleksi  administrasi kemudian dinyatakan bisa melakukan pemaparan tentang kepeloporan yakni terpilih sebanyak 19 pemuda.

Lanjutnya, untuk Tahap Penilaian dan Konfirmasi adalah nantinya peserta dinilai dan di konfirmasi selama 8 hari, terhitung mulai tanggal 22-30 Juli 2021. '' Peserta sebelum melakukan penilaian dan konfirmasi diwajibkan untuk membuat video profil tentang kepeloporannya, sebelum dilakukan penilaian dewan juri sudah menyaksikan video profil tentang kepeloporan tersebut. Untuk durasi setiap peserta dalam melakukan konfirmasi dan penilaian dewan juri 15-25 menit,'' jelasnya.

Budi Asrori mengungkapkan,  pemilihan pemenang dilakukan rapat secara terbatas, dewan juri pemilihan pemuda pelopor dari hasil penilaian angka serta fact finding kepada peserta yang dirasa perlu, semua direkap agar bisa dilihat peringkat 1-3 dari setiap bidang dan bagi peringkat pertama akan mewakili kota Yogyakarta dalam pemilihan Pemuda Pelopor Tk. DIY.
Selain itu, Budi Asrori menjelaskan beberapa pemenang di tiap bidang yakni di Bidang Pendidikan pemenang diberikan kepada Subandi Rianto Kraton, Yogyakarta mendapatkan Peringkat I, untuk  Peringkat II dimenangkan oleh Fajar Nur Rohmad Umbulharjo, Yogyakarta. Peringkat III diraih oleh Aulia Cita Rahmawati dari Umbulharjo Yogyakarta.
Pada Bidang Agama, Sosial dan Budaya untuk Peringkat I diberikan kepada Azka Yahdiyani Putri Tegalrejo. Untuk Peringkat II diberikan kepada Yoana Wida Kristiawati Wirobrajan. Untuk Peringkat III diberikan kepada Yusuf Kurniawan Kotagede.

Lalu di Bidang Inovasi Teknologi untuk Peringkat I diberikan kepada Dhadang Seto Sanjaya Wirobrajan, Peringkat II diraih oleh Phisca Adyta Rosyadi Wirobrajan, dan  Peringkat III diberikan kepada Ari Trianto Mergangsan.
Tak hanya itu, untuk kategori pelopor pemuda di Bidang Sumber Daya Alam, Lingkungan dan Pariwisata untuk Peringkat I Mahendra Duta Saputra Gondokusuman, Peringkat II Yudhi Irvanda Ngampilan, Peringkat III Dewa Bagus Prasetyo Mergangsan.

Dan yang terakhir kategori Bidang Pangan Michael Peringkat I Sigit Tegalrejo,  Peringkat II M. Ardian Yusril SL Mergangsan,  dan Peringkat III Abbas Abdurahman Mergangsan. 

 "Harapannya tetap konsisten melaksanakan apa yang sudah dilakukan sampai saat ini dan dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya," ungkapnya. (Hes)