Walikota Harapkan Satu Keluarga Tervaksin Semua

Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti hadiri pelaksanaan Vaksinasi massal Keluarga Alumni Teladan Yogyakarta/KATY pada Minggu (22/8) di aula SMAN 1 Yogyakarta. Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X yang juga ketua KATY, dalam kesempatan tersebut Haryadi yang juga alumni SMAN 1 Yogyakarta menyampaikan rasa terima kasih pada KATY yang telah berpartisipasi melaksanakan vaksinasi massal bagi alumni, siswa, keluarga siswa dan masyarakat umum di sekitar sekolah. 

“Kegiatan vaksinasi massal seperti ini sangat membantu pemerintah dalam mewujudkan Jogja Merdeka Vaksin guna terwujudnya herd immunity,” kata Haryadi.

Lebih lanjut disampaikan Haryadi bahwa Pemkot berupaya sesegera mungkin dapat mencapai target herd immunity baik di lingkungan masyarakat maupun di sekolah agar aktifitas kehidupan di masyarakat bisa berangsur pulih dan di sekolah bisa dilakukan pembelajaran tatap muka.

Dalam kesempatan tersebut Haryadi juga berdialog dengan berbagai kalangan yang mengikuti vaksinasi, salah satunya adalah Jonathan siswa SMPN 14 Yogyakarta. Dari dialog tersebut diketahui bahwa dalam keluarga Jonathan hanya ayahnya yang belum tervaksin, sehingga Haryadi pun langsung meminta agar ayah Jonathan (Sugeng Widodo) untuk ikut serta dalam vaksinasi.

“Saya minta ayahnya Jonathan agar ikut divaksin agar dalam satu keluarga sudah tervaksin semua, sehingga keluarga tersebut memiliki imunitas guna menangkal covid-19,” imbuh Haryadi.

Sementara Agung Widianto, ketua pelaksana Vaksinasi KATY menyampaikan, bahwa vaksinasi ini adalah bentuk kepedulian dan komitmen alumni pada sekolah dan masyarakat.

“Kami selenggarakan vaksinasi ini bekerjasama dengan biddokpol Polda DIY, awalnya 1000 vaksin namun pagi ini tambah 100 sehingga menjadi 1.100 dosis vaksin,” ungkap Agung.

Selanjutnya Agung menuturkan bahwa kegiatan vaksin ini diawali jam 08.00 pagi, dengan kemampuan layanan 200 vaksin dan diharapkan sebelum jam 14.00 sudah selesai.

Warga Pakuncen Nuryati yang tinggal di dekat SMAN 1 Yogyakarta menuturkan rasa senangnya dan berterima kasih pada penyelenggara bisa ikut divaksin serta berharap agar dirinya menjadi kuat terhadap serangan Covid-19.

“Saya harus kuat dan tetap berusaha meski ditengah pandemi, mudah-mudahan pandemi ini segera berakhir,” kata Nuryati. 

Kegiatan yang diikuti ribuan orang ini diatur sedemikian rupa sehingga memenuhi standar protokol kesehatan. (ant)