Penyandang Disabilitas Ikuti Vaksinasi di Taman Pintar

 


Wakil Walikota Yogyakarta meninjau kegiatan vaksinasi yang dikhususkan untuk warga disabilitas di Kota Yogyakarta pada Rabu (25/8) di Taman Pintar Kota Yogyakarta. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Gerakan Kemanusiaan Republik (GKR) Indonesia bersama Dompet Dhuafa Yogyakarta dengan menargetkan 1000 warga disabilitas dengan bertujuan untuk memastikan agar warga disabilitas menerima vaksinasi sehingga ketercapaian herd imunity melalui vaksinasi segera tercapai.

'' Memang kalau disabilitas itu seperti lansia soal mobilitas sama perlu adanya bantuan khusus bagi mereka, makanya ini bekerjasama dengan dompet dhuafa menyiapkan antar jemputnya sehingga problem mobilitas sudah terpenuhi. Kemudian akhirnya banyak yang diantar jemput semuanya ini merupakan pelayanan mareka," jelasnya.

Heroe menambahkan, untuk Kota Yogyakarta disabilitas mencapai 3500. Namun, ia mengatakan, disabilitas saat ini belum semuanya tervaksin, untuk di Taman Pintar sebanyak 1000 peserta vaksinasi dari disabilitas sudah tervaksin, hanya saja ada sebagian yang belum bisa divaksin akibat memiliki komorbit.

''Tetapi kita belum cek seluruhnya sudah vaksinasi ditempat umum atau belum divaksinasi, saat ini vaksin yang diberikan kepada disabilitas adalah vaksin sinovac ini diperuntukan untuk teman-teman difabel,'' ungkapny.

Pihaknya berhatap semua disabilitas keseluruhan di Kota Yogyakart segera mendapatkan vaksin. '' Saya berharap untuk teman-teman disabilitas yang ada di Kota Yogyakarta segera bisa divaksin nanti akan dibantu proses mobilitasnya maupun proses vaksinnya. Harapan kami nantinya semua penyandang disabilitas yang memenuhi syarat bisa divaksin. Karena tadi saya lihat masih ada 24 yang belum bisa divaksin karena memiliki komorbit maupun ada beberapa halangan," ujarnya.


Sementara itu perwakilan dari Dompet Dhuafa, Zahron menegaskan bahwa gerakan ini sebagai langkah membantu pemerintah dalam memenuhi target vaksinasi dan upaya kemanusiaan dalam mengurangi gejala yang diderita warga jika terpapar virus Covid 19. '' Harapannya dengan sinergi berbagai pihak, tugas-tugas kemanusiaan menjadi lebih ringan dan bagi penyandang disabilitas semoga semuanya tercover dengan baik dalam mendapatkan vaksin tersebut,'' ujarnya (Hes)