Layanan Terapi Wicara di RS Jogja

Pertumbuhan dan perkembangan anak akan terus berjalan terutama pada aspek bahasa dan bicara, bahasa dan bicara menjadi bagian penting dalam proses tumbuh kembang anak, jika anak mengalami keterlambatan atau permasalahan harus diberikan penanganan lebih lanjut salah satunya melalui terapi wicara.

Rumah Sakit (RS) Jogja memiliki layanan terapi tersebut, Direktur RS Jogja, Ariyudi Yunita mengatakan pelayanan terapi wicara di RS Jogja sudah menerapkan protokol Covid-19 secara ketat, protokol kesehatan yang sudah diterapkan antara lain pengunjung diwajibkan memakai masker, mencuci tangan, dilakukan pengecekkan suhu tubuh, dan dilakukan skrining oleh petugas.

"Selain itu kami juga telah menyediakan handrub/hand sanitizer di setiap sudut ruangan instalasi rehabilitasi medik, dan juga penerapan physical distancing di ruang tunggu," jelasnya, Rabu (25/8/2021).

Tak sampai disitu, lanjutnya, setiap terapis juga diwajibkan menggunakan alat pelindung diri (apd), serta rutin melakukan sterilisasi ruangan dan sterilisasi media terapi. 

"Sterilisasi ruangan dan media terapi ini dilakukan sebelum dan sesudah melakukan pelayanan, para terapis juga diwajibkan mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan terapi," ungkapnya. 

Untuk diketahui terapi wicara adalah ilmu kedokteran yang menangani evaluasi, diagnosis, dan pengobatan gangguan penyebab ketidakmampuan bicara dan menelan.

Terapi ini juga dikenal sebagai patologi wicara-bahasa. Terapi wicara memiliki lingkup yang luas. Ahli terapi wicara menangani pasien dari berbagai usia dengan gangguan yang berbeda. Ada pula sub-spesialisasi yang khusus menangani anak.

Pasien yang menjalani terapi wicara adalah pasien dengan masalah kebahasaan, komunikasi, dan menelan karena gangguan kesehatan, harus menjalani terapi wicara.

Gangguan komunikasi merujuk pada ketidakmampuan seseorang dalam menerapkan dan memahami pembicaraan dan berbahasa sebagai cara bersosialisasi. Gangguan ini mencakup keterlambatan bicara, perubahan suara, tidak mampu memahami pembicaraan atau berbicara dengan baik. 

Bagi pasien yang ingin mengakses layanam tersebut dapat mendaftarkan di loket pendaftaran yang telah disediakan di RS tersebut. 

"Layanan ini dapat diakses pada hari Senin hingga Kamis mulai pukul 07. 15 WIB-11.00 WIB, sementara hari Jumat dan Sabtu pukul 07.15 WIB-10.00 WIB, untuk hari Minggu kami libur," jelasnya.

Ia pun menghimbau kepada masyarakat agar tidak perlu khawatir untuk mengakses layanan terapi wicara di RS Jogja. 

"Karena kita selalu memprioritaskan kenyamanan, keamanan, dan keselamatan bagi para pasien, jadi pasien akan tetap aman ketika mendapatkan terapi tersebut  " katanya. (Han)