Pemkot Yogya Terima Donasi Konsentrator Oksigen dari GoTo 

Pemerintah Kota Yogyakarta menerima donasi konsentrator oksigen atau alat penghasil oksigen dari  GoTo grup teknologi yang menaungi Gojek Tokopedia dan Go financial. Alat itu akan ditempatkan di puskesmas- puskesmas Kota Yogyakarta untuk membantu pasien Covid-19 yang memerlukan oksigen.

Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas bantuan konsentrator oksigen dari GoTo tersebut. Ada 15 unit konsentrator oksigen yang didonasikan dari GoTo kepada Pemkot Yogyakarta.

“Kami menerima bantuan berupa konsentrator oksigen. Ini merupakan barang yang diperlukan masyarakat. Kami ucapkan terima kasih,” kata Haryadi saat menerima donasi konsentrator oksigen dari GoTo di ruang kerjanya di Balai Kota Yogyakarta, Kamis (26/8/2021).

Pihaknya akan memanfaatkan bantuan konsentrator oksigen itu untuk membantu penanganan pasien Covid-19 di Kota Yogyakarta. Alat akan ditempatkan di puskesmas- puskesmas di wilayah Kota Yogyakarta. Puskesmas dipilih untuk penempatan alat konsentrator oksigen karena dapat menjangkau ke tempat- tempat isolasi mandiri di wilayah.

“Akan kami manfaatkan dan tempatkan di puskesmas, sehingga bisa digunakan juga di tempat- tempat isolasi mandiri di wilayah. Alat  ini  sifatnya mobile sehingga bisa dipinjamkan di tempat isolasi mandiri apabila ada warga yang bergejala dan membutuhkan oksigen diukur dari tingkat saturasi oksigen dalam tubuh,” terangnya.

Haryadi menyebut ada sekitar 31 tempat isolasi mandiri wilayah di Kota Yogyakarta. Jumlah itu akan dikurangi sedikit demi sedikit karena warga yang terpapar Covid-19 diarahkan isolasi ke tempat isolasi terpusat. Di Kota Yogyakarta isolasi terpusat di antaranya di shelter Bener dan Gemawang.

“Saya rasa ini adalah sebuah jawaban di mana beberapa waktu lalu ada kasus kelangkaan oksigen. Ini bisa menjadi alternatif,” imbuh Haryadi.

Dalam kesempatan itu Haryadi juga memberikan dan menyematkan gelang vaksin kepada perwakilan Gojek. Haryadi menuturkan para driver Gojek yang sudah divaksinasi Covid-19 akan diberikan gelang itu sebagai penanda telah divaksin. Hal itu juga untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat pengguna transportasi online.

Sementara itu Senior Manager Public Policy and Government Gojek Jateng DIY Saiful Bakhtiar mengatakan pihak GoTo Gojek, Tokopedia dan Go Financial sangat mendukung penanganan pandemi Covid-19 sejak awal. Konsentrasi GoTo pada semangat pemerintah pusat maupun daerah dalam penanganan Covid-19 dan ekonomi berjalan beriringan. 

“Jadi ini bentuk komitmen kami. GoTo sudah menghadirkan 1.300 unit oksigen konsentrator. Sebanyak 15 oksigen konsentrator di antaranya kepada Pemkot Yogya. Kami sebar ke seluruh Indonesia. Mudah- mudahan ini menjadi kebutuhan dan bermanfaat di Kota Yogyakarta,” ucap Saiful. (Tri)