Perpustakaan Kota Yogya Kembali Membuka Layanan Baca di Tempat

Perpustakaan Kota Yogyakarta kembali membuka layanan setelah Menteri Dalam Negeri dalam intruksinya Nomor 39 Tahun 2021 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat menetapkan seluruh kabupaten Kota di DIY sudah turun level yakni dari level 4 menjadi level 3.

Kepala Bidang Pengelolaan Perpustakaan dan Pengembangan Gemar Membaca Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogya, Nunun Zulaikha mengatakan dengan diberlakukannya PPKM level 3 di DIY, maka perpustakaan Kota Yogya dan Pevita melakukan pembukaan layanan perpustakaan dengan pembatasan jumlah kuota dan jam layananan.

"Untuk jumlah kuota pemustaka di perpustakaan kota baru adalah 25 orang, sedangkan untuk perpustakaan Pevita sebanyak 15 orang. Jam pelayanannya mulai pukul 09.00 12.00 WIB, sementara untuk layanan Saparatu 09.00-14.00 WIB. Kedua tempat ini buka dari Senin hingga Jumat, dan Sabtu Munggu tutup," jelasnya, Selasa (7/9/2021).

jika pengunjung yang datang melebihi batas kuota dalam satu waktu, lanjutnya, maka pengunjung berikutnya harus menunggu untuk masuk perpustakaan.

Pihaknya mengungkapkan untuk layanan yang dibuka, hanya layanan baca di tempat, peminjaman, pengembalian, perpanjangan buku, pembuatan kartu anggota, saparatu dan Wifi.

"Untuk layanan gazebo, PC internet, dan area playground belum dapat di layankan," bebernya. 

Nunun mengatakan selama menutup layanan perpustakaan beberapa waktu lalu Perpustakaan Kota Yogya melakukan penyegaran bahan pustaka sekaligus sterilisasi terhadap seluruh sarana dan prasarana pustaka sesuai protokol kesehatan.

“Kami lakukan pembersihan menggunakan disinfektan sesuai ketentuan kesehatan,” katanya.

Pihaknya pun berpesan kepada sobat pustaka agar terus disiplin menerapkan protokol kesehatan 5M yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas. (Han)