Deteksi Dini Bencana, BPBD Monitoring EWS

Menghadapi musim hujan ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Yogyakarta menyiapkan upaya untuk  meminimalisir berbagai kemungkinan terjadinya bencana di masyarakat. Kepala BPBD Kota Yogyakarta, Nurhidayat berharap musim hujan kali ini semua anggota mempersiapkan peralatan infrastruktur penanganan bencana dengan Sistem peringatan dini Early Warning System (EWS). 

EWS merupakan serangkaian sistem untuk memberitahukan akan timbulnya kejadian alam yang dapat berupa bencana maupun tanda-tanda alam lainnya. Peringatan dini kepada masyarakat atas bencana menggunakan EWS mudah dicerna oleh masyarakat.

'' BPBD Kota Yogya  mempersiapkan peralatan dan infrastruktur penanganan bencana seperti EWS banjir di tiga sungai. Hingga saat ini kami rutin dalam mengecek. Selain itu, peralatan kebencanaan kami cek dan rutin kami servis seperti chainsaw, genset, pompa air, serta armada," ungkap Nurhidayat, Senin (20/9). 

Ia berharap masyarakat membantu dalam memperhatikan lingkungan sekitar rumah, yaitu memeriksa kondisi atap, membersihkan drainase yang tersumbat, memangkas dahan dan ranting pohon yang rimbun serta update info cuaca terkini. '' Logistik darurat juga kami sudah stok opnam dan pengadaan untuk yang menipis, yaitu karung pasir. Pemantauan medsos BMKG juga kami intensifkan," tambahnya. 
 

Sementara itu, Kasi Data Informasi Kebencanaan BPBD Kota Yogyakarta, Ariatmawan P mengatakan, untuk talut di area kawasan yang rawan longsor jika sudah terjadi bencana, akan dikoordinasikan dengan KTB, OPD terkait serta tokoh masyarakat untuk tindak lanjutnya. 

'' Untuk monitoring cuaca dan kewaspadaan dini untuk masyarakat sudah kita tindak lanjuti dengan menyiapkan surat pemberitahuan ke semua Kemantren berisikan informasi kewaspadaan dini cuaca musim hujan. Disamping itu, untuk peralatan peringatan pantauan banjir lahar hujan EWS sudah diuji coba pada semester satu kemarin dan saat ini kita lakukan monitoring untuk persiapan musim hujan," jelasny.

Ariatmawan berharap dengan pelaksanaan monitoring EWS ini semua alat EWS yang ada di Sungai Code berfungsi dengan baik supaya apabila ada lahar hujan dari Merapi BPBD bisa memberikan petingatan dini kepada masyarakat di sepanjang bantaran Sungai Code untuk bersiap melakukan evakuasi ketempat yang lebih aman di shelter-shelter yang sudah disiapkan oleh KTB di wilayah kelurahan masing-masing. (Hes)