Labelin Dika Beli Bibit Tanaman Tanpa Harus ke Lokasi


Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta memiliki inovasi baru yang dinamakan Layanan Belanja Online dan Digitalisasi Katalog 'Labelin Dika' , ini merupakan sebuah upaya dalam optimalisasi pelayanan pembelian bibit tanaman melalui online. Pelayanan pembelian bibit tanaman ini diharapkan mampu menjangkau semua masyarakat yang ingin membeli jenis tanaman toga dan tabulampot atau tanaman  buah dalam pot.

Dibuatnya Labelin Dika merupakan dampak yang dirasakan dalam menurunnya jumlah kunjungan masyarakat dan jumlah penjualan bibit tanaman di DPP Kota Yogyakarta. '' Inovasi ini diharapkan dapat memudahkan masyarakat untuk melakukan pembelian bibit tanaman tanpa datang langsung. Selain itu, hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19,'' ungkap Kepala Bidang Pertanian Kota Yogyakarta, Eny Sulistyowati  Selasa (21/9).

Adapun mekanisme layanan pembelian bibit tanaman secara online dengan melakukan pembayaran e-money melalui BPD mobile, gopay, shoope pay, link aja, dana, serta ovo  dengan scan barcode dari DPP Kota Yogyakarta.  Katalog digital juga disusun untuk memudahkan masyarakat melihat koleksi tanaman yang dijual.

" Dengan melihat di katalog masyarakat akan mengetahui tanaman apa saja yang dijual sehingga jika tanaman yang diinginkan tidak tersedia tidak perlu datang ke lokasi. Katalog tanaman ini dapat di akses melalui akun instagram @katalog.dinpertangan. Pada katalog tersebut masyarakat dapat mengetahui tanaman yang dijual beserta harga dan jumlah tanaman siap jual," jelasnya.

Diharapkan dengan adanya inovasi Labelin Dika ini semakin memudahkan masyarakat yang ingin membeli tananman dan sebagai bentuk upaya dalam memberikan pelayanan yang optimal meskipun di masa pandemi. (Hes)