Vaksinasi Massal PCNU Targetkan 1000 Jamaah

 

 

Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi hadiri kegiatan vaksinasi massal yang digagas oleh PCNU Kota Yogyakarta pada Sabtu (25/9) di kampus Universitas Nahdlatul Ulama/UNU Yogyakarta, Jl. Lowanu, Yogyakarta. 

Dalam kesempatan tersebut Heroe Poerwadi mengungkapkan rasa terima kasih atas kiprah PCNU Kota Yogyakarta yang telah membantu Pemerintah Kota Yogya melalui vaksinasi massal.

“Saat ini kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan Pemerintah Kota Yogyakarta berbasiskan wilayah, dimana setiap RT/RW menyampaikan data warganya yang belum divaksin ke kelurahan. Oleh Kelurahan data tersebut diserahkan ke Puskesmas untuk bersama dibuatkan jadwal pelaksanaan vaksin massal di setiap wilayah,” tutur Heroe.

Heroe juga menuturkan bahwa vaksinasi bagi santri di kota Yogyakarta telah selesai dilaksanakan. Sedangan untuk sekolah tatap muka akan dijalankan untuk siswa kelas 6 ke-atas. Dalam pembelajaran tatap muka yang perlu diwaspadai adalah kegiatan diluar kelas, yakni ketika siswa datang ke sekolah diantar orang tua, ketika siswa jalan dari atau menuju kelas, ketika dijemput orang tua dimana dalam fase-fase tersebut ada kemungkinan terjadi kerumunan dan interaksi yang memungkinakan terjadinya penularan Covid-19.

“Bagi sekolah yang akan melaksanakan pembelajaran tatap muka hendaknya mewaspadai dan mengantisipasi kondisi rawan diatas, agar tidak terjadi klaster baru di sekolah,” pesan Heroe.

Ketua Tanfidyiyah PCNU Kota Yogyakarta, HM Yazid Afandi menyampaikan bahwa kegiatan Vaksinasi massal ini merupakan kegiatan PCNU Kota Yogyakarta bekerjasama dengan Himpunan pengusaha Nahdliyin (HPN) dan Polda DIY dengan sasaran 1000 orang jamaah NU warga Yogyakarta.

“Ini adalah kegiatan vaksinasi ketiga yang dijalankan oleh PCNU kota Yogyakarta guna mewujudkan herd immunity di Kota Yogyakarta,” kata Yazid.

Lebih lanjut Yazid berharap dengan terciptanya herd immunity maka aktifias ekonomi bisa bergerak, pendidikan bisa dilakukan dengan tatap muka, tidak kalah penting aktifitas keagamaan juga bisa segera dijalankan secara normal diantaranya kegiatan ibadah di masjid, majlis taklim, madrasah diniyah, Taman pendidikan Alqur’an.

“Mudah-mudahan dalam pelaksanaan vaksinasi dosis kedua PCNU bisa bekerjasama dengan Pemerintah Kota Yogyakarta dan jalinan silaturahmi ini bisa ditingkatkan dalam berbagai kerjasama program pembangunan masyarakat di kota Yogyakarta,” ucap Yazid

Kegiatan ini dihadiri oleh Rois Syuriyah PCNU Kota Yogyakarta KH. Sholehuddin Mansyur, jajaran Pegurus Cabang PCNU, Kasatkorcab Banser Kota Yogyakarta Solihul Hadi.

Menanggapi hal tersebut Heroe menyampaikan terima kasih pada PCNU atas dukungan, bantuan dan kerjasamanya serta menyampaikan komitmen Pemerintah Kota Yogyakarta untuk memfasilitasi pelaksanaan vaksinasi dosis kedua berupa penyediaan vaksin dan bila ada warga NU yang akan melakukan vaksinasi dosis kedua diluar program tersebut diatas bisa j melalui puskesmas terdekat. (ant)