Pemkot Yogya Ikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila Secara Daring 

Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta mengikuti upacara Hari Kesaktian Pancasila secara dalam jaringan (daring) yang digelar di ruang Yudhistira Balaikota Yogyakarta, Jumat (1/10/2021).

Upacara yang di pimpin Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo ini mengusung tema yang bertajuk 'Indonesia Tangguh Berlandaskan Pancasila'.

Pada upacara tersebut juga dihadiri Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Ketua DPR Puan Maharani.

Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober ini diperingati untuk mengingatkan masyarakat soal ideologi Pancasila yang tak bisa digantikan oleh paham apapun.

Mengawali upacara, Jokowi memimpin prosesi mengheningkan cipta untuk menengang pahlawan revolusi.

Upacara Hari Kesaktian Pancasila pertama kali dilakukan di Lubang Buaya, Jakarta Timur, 1 Oktober 1966. Sejak pemerintahan Orde Baru, upacara itu digelar untuk mengingat peristiwa G30S. 

Sementara itu Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Yogya, Kadri Renggono, mengatakan dengan peringatan Hari Kesaktian Pancasila ke depan rasa cinta kepada bangsa, Pancasila, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika, dan Undang-undang Dasar 1945, akan menguat.

Ia mengimbau kepada masyarakat Kota Yogyakarta bersama-sama berkolaborasi menguatkan rasa kebersamaan, persatuan dan kesatuan, bekerja sama dan saling bantu membantu untuk sama-sama membangun Yogya.

"Membangun kota ini tidak bisa dilakukan sendiri oleh kami dipemerintah saja, tetapi butuh kebersamaan dengan seluruh warga masyarakat dikota Yogya," tegasnya. (Han)