Pelantikan GP Ansor dan Satkorcab Banser Kota Yogya

 

Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi hadiri Pelantikan Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda/GP Ansor Kota Yogyakarta dan Pengukuhan Satkorcab Banser Yogyakarta Masa Khidmad 2021 – 2025 pada Minggu (3/10) di ruang Bima, Kompleks Balaikota, Timoho, Yogyakarta. Hadir dalam kegiatan itu Kepala Badan Kesbangpol Kota Yogyakarta, Kabag Kesra Setda Kota Yogyakarta, Pengurus Pusat Gerakan Pemuda ANSOR, Rois Syuriyah PCNU Kota Yogyakarta,Ketua Tanfidyiyah PCNU Kota Yogyakarta.

Heroe menyampaikan apresiasi dan terima kasih pada GP Ansor dan Banser yang telah membantu Pemkot dalam kegiatan penanggulangan Covid-19 melalui kegiatan penyemprotan desinfektan, sosialisasi protokol kesehatan dan kegiatan vaksinasi massal jamaah NU di Yogyakarta.

“GP Ansor dan Banser telah berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan pembangunan di Kota Yogyakarta baik sebelum pandemi maupun di saat pandemi selaku organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP) dan turut serta mewarnai perjuangan anak muda di Kota Yogyakarta,” kata Heroe.

Heroe juga menyampaikan bahwa saat ini masyarakat kota Yogyakarta (KTP/domisili) telah divaksin sejumlah 570 ribu dan minggu ini memerupakan angka terendah dalam penularan Covid-19 di masa pendemi ini. Meski demikian kita tetap harus hati-hati dan ketat dalam pelaksanaan protokol kesehatan agar tidak terjadi lonjakan kasus lagi. 

“Selain itu kami juga masih gencar melaksanakan program tuntas vaksin agar herd immunity terbentuk agar kegiatan pembelajaran tatap muka untuk siswa kelas enam ke atas bisa dilaksanakan, kampus-kampus bisa menerapkan kuliah langsung dan perekonomian pulih,” papar Heroe.

Heroe menerangkan bahwa pariwisata yang mulai menggeliat adalah peluang dalam mendongkrak ekonomi masyarakat namun juga ancaman apabila kita tidak mampu mengelolanya. Ancaman itu berupa kelalian dalam pelaksanaan protokol kesehatan yang bisa berdampak pada kenaikan kasus penularan Covid-19, oleh karena itu kita harus cerdik dalam tata kelola agar ekonomi naik tapi kasus Covid-19 tetap rendah.

Pengurus Pusat Gerakan Pemuda ANSOR, Gus Ulil Arham yang hadir dalam kegiatan itu berpesan bahwa semua anggota Ansor Banser di Kota Yogyakarta harus satu komando, baik dalam agenda-agendanya maupun dalam mengawal ulama di Kota Yogyakarta. 

“Seluruh warga Ansor Banser harus satu komando dan taat pada organisasi. Teman-teman yang telah resmi di lantik hari ini adalah pengurus yang syah yang mesti di ikuti oleh seluruh warga Ansor Banser se-Kota Yogyakarta, jangan ada lagi Banser-Banser lain yang tidak mengikuti komando dari pengurus Ansor Banser yang hari ini dilantik,” jelas Gus Ulil

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua PC NU Kota Yogyakarta KH Yazid Afandi, bahwa di Yogyakarta jangan ada lagi Banser A, Banser B, dan lainnya, yang ada adalah satu komando dengan Ansor Banser yang dilantik hari ini. (ant)