Rayakan HUT ke-265 Kota Yogya, Walikota Surakarta Kunjungi Pemkot

Hari ini, Kamis (7/10/2021) Kota Yogyakarta berusia 265, berbagai pihak pun ikut mengucapkan HUT untuk Kota pelajar ini, termasuk Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka. 

Bahkan Gibran pun menyempatkan bertandang ke Balaikota Yogyakarta, tiba sekitar pukul 13.40 WIB, ia disambut langsung oleh Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti dan Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi. 

Anak sulung Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) juga sempat menyaksikan beberapa foto tentang Kota Yogya tempo doloe yang ada di Balaikota Yogya. 

Kedatangan kakak dari Kaesang Pengarep ini juga membahas beberapa hal seperti membahas penawaran perpanjangan kerjasama Perjanjian Kerjasama Daerah (PKD) antara Kota Yogyakarta dan Surakarta dimana sebelumnya sudah pernah dilakukan pada 2015 oleh Jokowi ketika menjadi Walikota Surakarta.

Selain itu juga membahas Derby Mataram antara PSIM Yogyakarta melawan Persis Solo dalam lanjutan Liga 2 2021, di Stadion Manahan yang akan dilaksanakan Selasa (12/10/21) depan. 

Dalam kesempatan tersebut ia menjamin sepenuhnya keamanan skuat Laskar Mataram. 

"Saya berjanji akan memberi keamanan penuh kepada punggawa Laskar Mataram ketika bertarung di Stadion Manahan Solo," katanya di Balaikota Yogyakarta. 

Gibran pun sempat bertukar jersey dengan Walikota Yogyakarta. Ia mendapat jersey bernomor 265, sebagai simbol HUT Kota Yogya ke-265. 

Sementara itu, Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti berharap, pertukaran jersey PSIM dan Persis oleh kedua kepala daerah ini sanggup meredakan tensi jelang Derby Mataram. Apalagi, ia menyebut, antara Surakarta dan Yogyakarta sejatinya bersaudara. 

"Bersahabat lah, Walikotanya saja sudah bertukar jersey. Hakekatnya, Yogya dan Solo adalah aglomerasi yang tidak terpisahkan. Semuanya sedulur," katanya. (Han)