Sekati YK Ing Mall Tambah Kesemarakan HUT ke-265 Yogya   

Pasar industri kreatif bertajuk Sekati YK Ing Mall yang diselenggarakan Pemerintah Kota Yogyakarta telah dimulai pada Rabu (13/10/2021) sampai 18 Oktober 2021  di Malioboro Mall, Galeria Mall dan Lippo Plaza. Sekati YK Ing Mall yang pertama kali digelar itu juga memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-265 Kota Yogyakarta.

Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti menyambut baik kegiatan Sekati YK Ing Mall. Selain memberikan ruang promosi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di masa pandemi, kegiatan itu dinilainya juga menyemarakan HUT ke-265 Kota Yogyakarta di bulan Oktober. Kegiatan itu selaras dengan semangat HUT Kota Yogyakarta tahun ini yakni Tanggap Tanggon Tuwuh.

“Semoga ini menambah kesemarakan HUT ke-265 kota Yogyakarta. Ada slogan Tanggap,  Tanggon dan Tuwuh. Ada juga YK city branding Yogya yang terbaru,” kata Haryadi saat menghadiri Sekati YK Ing Mall di Galeria Mall.

Pihaknya menegaskan Sekati membawa suasana perayaan Sekaten, tapi diadakan di dalam mall. Suasana itu salah satunya diwujudkan dengana danya bregodo dan gunungan produk UMKM. Sedangkan prosesi Sekaten tetap diselenggarakan oleh Kraton Yogyakarta. Kegiatan Sekati YK Ing Mall tahun ini menjadi penanda dan akan diselenggarakan setiap tahun.

“Kami akan teruskan kegiatan ini. Kalau masih dalam situasi seperti ini kami akan buat gelaran (suasana perayaan) Sekaten indoor namanya Sekati,” ujarnya

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada General Manager Galeria Mall Djoko Tjatur terkait partisipasi dalam penyediaan tempat untuk kegiatan Sakati YK Ing Mall. Termasuk semua pihak seperti para pelaku UMKM industri kreatif yang terlibat dalam kegiatan tersebut.

“Kami cukup bergembira dengan kegiatan ini dan atas partisipasi semua pihak. Para pelaku usaha kami ucapkan selamat melaksanakan kegiatan Sekati YK Ing Mall ini,” tambah Haryadi.

Dalam kesempatan itu Haryadi didampingi Sekda Pemkot Yogyakarta, Aman Yuriadijaya dan Asisten Kesejahteraan Rakyat, Sisruwadi  meninjau stan- stan produk UMKM yang ikut dalam Sekati YK Ing Mall di Galeria Mall. Haryadi bahkan mencoba dan membeli beberapa produk UMKM di antaranya seperti ikat pinggang berbahan kulit.

Sementara itu salah satu pelaku UMKM yang mengikuti Sekati YK Ing Mall Eksi Puspitarini menyambut antusias kegiatan tersebut. Mengingat selama pandemi produsen produk kulit itu banyak mengandalkan pemasaran online. Namun dia bersyukur dengan penjualan online itu masih ada pesanan produk sampai ke Dubai dan Amerika Serikat.

“Saya senang dan sangat terbantu dengan acara seperti ini. UMKM selama pandemi ini berhenti tidak ada kegiatan. Terus mulai ada acara di mall- mall seperti ini, senang bergeliat lagi perekonomian,” ucap Eksi. (Tri)