Kota Yogyakarta Raih Anugerah Parahita Ekapraya 2020

Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta kembali berhasil meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya. Kota Yogyakarta pada kesempatan kali ini berhasil meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya 2020 untuk kategori Madya. Penghargaan ini diumumkan secara daring melalui zoom meeting oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia kepada Pemerintah Kota Yogyakarta yang diwakili oleh Asisten Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah (Sekda) Kota Yogyakarta, Sisruwadi pada hari Rabu (13/10).

Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) merupakan bentuk pengakuan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI (PPPA) atas komitmen dan peran dari instansi pemerintahan. Instansi Pemerintahan yang masuk di dalam penghargaan anugerah ini antara lain adalah pemerintah daerah baik kota maupun kabupaten, provinsi, hingga kementerian maupun lembaga yang mengupayakan dan mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi pengarusutamaan gender.

“Keberhasilan Pemkot Yogyakarta dalam meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya 2020 kategori Madya ini tentunya merupakan wujud nyata Pemkot Yogyakarta melalui berbagai program dan kebijakan untuk meminimalkan kesenjangan gender,” kata Asisten Kesra Sekda Kota Yogyakarta, Sisruwadi.

Sisruwadi menuturkan Pemkot Yogyakarta terus mengupayakan peningkatan kesetaraan dan keadilan gender dengan membentuk jaringan kerja antar lembaga pemerintah melalui perangkat-perangkat daerah, aparat penegak hukum, tokoh masyarakat, perguruan tinggi, lembaga swadaya masyarakat yang juga diakomodasi melalui program Gandeng Gendong.

Pemkot Yogyakarta berkomitmen untuk terus meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama lima kelompok rentan yakni perempuan, anak, lanjut usia, difabel, dan kaum miskin. Komitmen ini terwujud dengan dibentuknya Kelompok Kerja Pengarusutamaan Gender (Pokja PUG) yang diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 15 Tahun 2008.

Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya juga diterima oleh Pemerintah Daerah (Pemda) DIY. Pemda DIY pada kesempatan kali ini memperoleh penghargaan dengan kategori mentor. Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X menyatakan terima kasihnya kepada Pemerintah Pusat terutama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia.

“Upaya pengarusutamaan gender di DIY telah dilakukan cukup lama dan berlangsung secara berkesinambungan. Terjadi sinergi di OPD Pemda DIY dan juga pemerintah kota maupun kabupaten dalam mewujudkan good governance yang berdampak pada tercapainya kesejahteraan masyarakat tanpa membedakan satu sama yang lain termasuk kelompok rentan,” kata Sri Sultan Hamengku Buwono X. (&re)