Kader DP3 Notoprajan Dikukuhkan, Siap Sukseskan Pemilu di Kota Yogya

Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti mengukuhkan kader Desa Peduli Pemilu dan Pemiihan (DP3) Kelurahan Notoprajan Kota Yogya. 

Usai mengukuhkan ia mengatakan pemilu adalah tujuan dari negara untuk memilih calon-calon terbaik perwakilan dari masyarakat. Baik itu dalam pemilihan legislatif, kepala daerah maupun Presiden.

"Insya Allah warga Kota Yogya akan melaksanakan dengan penuh semangat, dan akan selalu menjaga keamanan, seperti yang sudah dilaksanakan sebelum-sebelumnya," ujarnya di Universitas Aisyiyah Yogyakarta, Rabu (27/10/2021). 

Ia optimis, kedepan, pemilu di Kota Yogya akan terus berjalan nyaman, adil dan benar-benar bisa bermanfaat bagi seluruh masyarakat.

Walikota berharap dengan dikukuhkannya kader DP3 dapat menjadi penggerak demokrasi, sehingga menumbuhkan budaya sadar demokrasi bagi masyarakat dari Kota Yogya untuk Indonesia.

“Dengan adanya kader DP3 yang menjadi penggerak demokrasi, pemilu dan pemilihan, diharapkan partisipasi di Kota Yogya bisa meningkatkan aspek kualitas pemilu dan partisipasinya," harapnya.

Sementara itu, Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan mengatakan KPU memiliki tanggung jawab besar dalam proses pemilihan di Indonesia.

"KPU tidak hanya bertugas memberikan pengetahuan dan pemahaman, tapi juga menumbuhkan kesadaran masyarakat," katanya. 

Pihaknya menuturkan ketugasan kader DP3 adalah mensosialisasikan kepada masyarakat agar mereka tahu betul apa itu pemilu dan pentingnya pemilu. Kemudian, lanjutnya, juga mengajak masyarakat agar semakin banyak yang peduli dengan pemilu.

“Jadi kalau selama ini tidak terlalu banyak yang peduli serius, ini akan dikembangkan supaya semua peduli. Targetnya adalah untuk meningkatkan partisipasi pemilih di tahun 2024,” terangnya. (Han)