Sumpah Pemuda di Kota Yogya, Walikota Ingatkan Pemuda Bangun Kesatuan dan Persatuan Bangsa

Bertepatan dengan momentum peringatan ke-93 Sumpah Pemuda, Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti mengapresiasi dan turut berbangga kepada pemuda Kota Yogya yang selalu memberikan berbagai hal positif untuk Kota Yogya. 

Orang nomor satu di Kota Yogya ini juga meminta kepada para pemuda agar lebih menguatkan lagi semangat persatuan dan kesatuan.

Karena, lanjutnya, apabila keduanya tersebut telah dikuatkan, maka akan dapat membanguan persatuan di Indonesia.

"Tanpa kita bersatu, tidak mungkin kita bisa memperingati hari Sumpah Pemuda dan bisa bertahan bersama di sini," ujarnya di Malioboro, Kamis (28/10/2021).

Selain itu, ia juga sangat mengapresiasi para pemuda Kota Yogya karena mereka juga menunjukan kepedulian tinggi untuk ikut berperan menangani pandemi Covid-19.

Pihaknya menuturkan, sejak pandemi Covid-19 melanda Kota Yogya, beragam gerakan pemuda bermunculan. Mulai dari gerakan sosial saling bantu sesama, gebyar vaksinasi, hingga program kebangkitan ekonomi.

Ia pun optimistis, momen hari Sumpah Pemuda dapat menjadi pemicu semangat generasi muda di Kota Yogya untuk menjadi motor penggerak ekonomi dan pembangunan. 

"Pemuda harus menjadi motor penggerak ekonomi, motor penggerak pembangunan, dan motor penggerak budaya," jelasnya.

Walikota berharap, beragam aktivitas yang positif dari pemuda di Kota Yogya terus berlanjut dan berkembang. Dengan menebar banyak manfaat bagi masyarakat, menjadi implementasi terbaik peran kepemudaan dalam mengisi kemerdekaan. 

"Kalau dulu spiritnya merebut atau menciptakan kemerdekaan. Sekarang mengisi kemerdekaan ini dengan gagasan kreatif dan inovatif. Sekaligus mengisi berkah kenikmatan kemerdekaan ini," ucapnya. (Han)