Walikota Tutup Diklat Operator IPA PDAM se-DIY

Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti menutup kegiatan pendidikan dan pelatihan (diklat) operator Instalasi Pengolahan Air (IPA) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) se-DIY tahun 2021. Diharapkan kinerja dan kualitas operator IPA PDAM meningkat usai mengikuti diklat yang diadakan oleh Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (Perpamsi) DIY.

“Diklat ini pada hakekatnya adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Kalau sudah ikut diklat tentu kualitas meningkat,” kata Haryadi saat menutup diklat IPA PDAM se-DIY di Pesonna Hotel Tugu Yogyakarta, Jumat (29/10/2021).

Menurutnya diklat operator IPA PDAM penting karena sebagai operator memiliki posisi penting. Terutama dalam produksi mengolah kualitas air PDAM. Mengingat PDAM sebagai Badan Usaha Milik Daerah mengemban amanah penyediaan air baku bagi masyarakat  wajib memperkuat aspek SDM. Kualitas dan kompetensi SDM yang mumpuni akan mendorong kinerja organisasi untuk mencapai target-target yang ditetapkan.

“Diklat ini bisa meningkatkan kemampuan teknis. Bahan air sudah ada tinggal diolah agar layak konsumsi. Ilmu dan kemampuan yang didapat harapannya bisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat terkait penyediaan air minum di daerah masing- masing,” jelasnya.

Meskipun kemampuan teknis meningkat, pihaknya juga mengingatkan operator IPA PDAM untuk memiliki sikap disiplin dan etika sosial di perusahaan. Haryadi menyampaikan kualitas SDM salah satunya dari sikap disiplin. Dicontohkan tepat waktu dan berseragam saat bertugas.

“Memaknai kegiatan diklat operator IPA tidak hanya meningkatkan kualitas SDM, tapi juga kedisiplinan dan tata kelola,” ujar Haryadi.

Pihaknya berharap melalui kegiatan diklat itu juga memberikan semangat para operator IPA PDAM untuk mengembangkan karir. Haryadi menuturkan para operator IPA PDAM memiliki latar belakang pendidikan yang beragam dan rata- rata berusia muda. Untuk itu pihaknya mendorong adanya penggemblengan melalui diklat yang berkelanjutan.

“Tidak hanya di operator produksi terus. Harapan saya melalui diklat bisa bertambah ilmunya dan menjadi penyemangat agar berkembang,” imbuhnya.

Sementara itu Ketua Bidang Kompartemen SDM Standarisasi dan Sertifikasi PD Perpamsi DIY Jumantoro mengatakan kegiatan diklat dilaksanakan sejak 25 sampai 30 Oktober 2021 dan diikuti sekitar 30 peserta dari PDAM kota/kabupaten di DIY. Kegiatan diklat itu untuk meningkatkan kapasitas SDM operator IPA PDAM di DIY.

“Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kapasitas operator IPA PDAM. Operator tidak hanya produksi saja, tapi harus greteh, memahami air baku dan bagaimana kondisi beban reservoar sehingga performance air ke pelanggan terjaga baik,” papar Jumantoro.

Dia juga berpesan para operator IPA SDM dapat meningkatan kemampuan dan ilmu agar tidak menjadi operator terus. Pimpinan PDAM harus memberikan ilmu sehingga operator bisa ditempatkan di bagian lain sehingga bertambah pengalamannya. (Tri)