Gelar Turnamen Sepak Bola Piala Walikota Yogya

Asosiasi Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Kota Yogyakarta akan menggelar turnamen sepak bola Piala Walikota Yogyakarta pada 5 - 12 November 2021 di Lapangan Kenari. Kegiatan yang difasilitasi Pemerintah Kota Yogyakarta itu menjadi ajang untuk memperkuat Tim Pekan Olahraga Daerah (Porda) Kota Yogyakarta.

Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Yogyakarta Agus Trimadi mengatakan Disdikpora Kota Yogyakarta mendukung kegiatan sepak bola Piala Walikota Kota Yogyakarta itu. Melalui kegiatan dapat mengukur kemampuan atlet, ajang meraih prestasi dan sarana persaingan sehat. Termasuk dapat meningkatkan ekonomi karena dalam kegiatan itu melibatkan beberapa elemen.

“Kegiatan Walikota Cup PSSI ini tujuan utamanya untuk penguatan Tim Porda Kota Yogyakarta. Kami tekankan dalam penyelenggaran kegiatan mengedepankan aspek protokol kesehatan dari penyelenggara hingga atlet,” kata Agus, dalam jumpa pers Piala Walikota di Balai Kota, Kamis (4/11/2021).

Ketua Askot PSSI Kota Yogyakarta Susanto Dwi Antoro menyampaikan Piala Walikota itu menjadi gelaran perdana kepengurusan Askot PSSI Kota Yogyakarta setelah 3 tahun tidak terlaksana. Dia menyatakan kegiatan itu sudah melalui diskusi dengan Satgas Covid-19 dan kepolisian serta Asprov PSSI ketika masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 2 dapat menggelar kegiatan sepak bola.

“Ada pengesahan terkait pemain wajib vaksin. Lapangan Kenari akan kami setting menjadi tempat olahraga sepak bola dengan menerapkan protokol kesehatan. Ada cek suhu, sediakan wastafel dan masker. Kompetisi tanpa penonton dan kami sudah sampaikan peserta tidak membawa suporter,” jelas Antoro

Piala Walikota Yogyakarta akan diikuti Tim Sepak Bola Putra Porda Kota Yogyakarta dan 14 perkumpulan sepak bola di bawah Askot PSSI Kota Yogyakarta. Syarat pemain usia minimal 17 tahun dan maksimal 22 tahun ditambah 5 pemain senior tanpa dibatasi umur. Namun hanya 3 pemain senior yang bermain dalam satu pertandingan.

Dalam kegiatan itu juga akan menyelenggarakan trofeo sepak bola wanita yang memperebutkan Trophy Walikota Yogyakarta. Kegiatan  akan mempertandingkan 3 tim yaitu tim Sepak Bola Putri Porda Kota Yogyakarta, PSW Wonosobo dan PSW Klaten.

“Ini untuk memperkuat Porda. Ajang untuk mencari dan memperkuat lini Tim Porda Putra dan Putri sehingga kami buat usia minimal 17 tahun dan maksimal 22 tahun. Kegiatan ini juga untuk menjawab kerinduan dari klub- klub yang akan melakukan kompetisi yang kami anggap ini jadi pra kompetisi untuk tahun depan,” tambahnya.

Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana Piala Walikota Ermantino Handokomulyo menjelaskan penyelenggaraan turnamen menggunakan skema sistem gugur. Skema itu lanjutnya, berbeda dengan sistem regular yang biasanya berjalan di Askot PSSI yaitu ada divisi utama, 1 dan 2. Kegiatan akan memperebutkan Piala Walikota Yogyakarta.

“Ini menjadi media penguatan Tim Sepak Bola Porda Kota Yogyakarta. Senyampang dengan menjadi ajang silaturahmi klub- klub dan kami bisa difasilitasi mengadakan turnamen ini,” ucap Ermantino. (Tri)