950 Peserta Ikuti Kejuaraan Renang Walikota Cup 2021


Kejuaraan Renang Antar Perkumpulan (KRAP) Walikota Cup VIII Cabang Olahraga Renang kembali digelar, Sabtu (13/11) di Kolam Renang UNY. Sebanyak 950 peserta dari berbagai kelompok umur mengikuti kejuaraan tersebut. Peserta ini berasal dari ratusan perkumpulan renang dari Yogyakarta dan berbagai daerah di Indonesia.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Kota Yogyakarta dengan melakukan protokol kesehatan ketat. Ketua Pelaksana Rohiman mengatakan, kompetisi ini dalam rangka mencari bibit-bibit potensial di cabang renang yang dapat mengharumkan nama Kota Yogyakarta pada berbagai kejuaraan nasional di level yang lebih tinggi. 

" Alhamdulillah apa yang kami khawatirkan dalam mengadaptasi regulasi dalam perlombaan terselesaikan dengan prokes yang sangat ketat. Peserta, juri dan offisial sudah melakukan tes antigen sehari sebelum acara dimulai. Hal ini kita lakukan untuk menjaga keamanan peserta dalam mengikuti lomba," jelasnya.

Kedepannya kompetisi ini kiranya juga bisa sebagai ajang persiapan atau pemanasan atlet-atlet renang sebelum dilaksanakannya Porda DIY XVI di Kabupaten Sleman pada Bulan September 2022.

Sehingga sebelum kejuaraan Porda DIY XVI dimulai, para atlet, pelatih, dan offisial telah mengetahui teknik-teknik yang perlu dievaluasi, memiliki strategi yang matang, serta memiliki kepercayaan diri yang tinggi.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Dinas Pendidikan dan Olahraga Kota Yogyakarta Agus Trimadi berharap kejuaraan tersebut dapat menciptakan pola binaan olahraga renang yang baik dan mampu meraih prestasi.

" Saya berharap dari kejuaraan Walikota Cup 2021 ini mampu tercipta pola pembinaan olahraga renang yang baik dengan keterlibatan seluruh komponen pendukung sehingga melahirkan atlet-atlet handal dan mampu meraih prestasi di tingkat daerah, nasional dan internasional," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut Trimadi  juga memberikan piagam dan hadiah kepada pemenang lomba renang dengan kategori 400 Meter Gaya Bebas Putra yang diberikan kepada Juara satu kepada Alexander Adrian dari WDS Aquatic Jakarta, Juara dua Nyoman Taiyo Arifukatami dari Tirta Harapan Swimming Club Denpasar, dan Juara ketiga diberikan kepada Sebastian Fredick Harsono dari Spectrum Swimming Club Semarang.

Untuk kategori lomba 400 Meter Gaya Bebas Putri diberikan kepada Juara satu oleh Nabila Zalima Hermanza dari Tirta Amanda Swimming Club Yogyakarta, Juara dua  Faiza Zalika Revanna Yunus dari Elite Swimming Club Bandung, Juara ketiga diberikan kepada Ni Putu Grace Natalia Tunas dari Tirta Harapan Swimming Club Denpasar. 

Trimadi mengatakan, dengan pertandingan ini peserta memberikan keahliannya secara maksimal dan mendapatkan juara yang diinginkan. " Saya ucapkan selamat bertanding kepada seluruh atlet dan ofisial. Bertandinglah secara maksimal, tunjukan penampilan terbaik dari latihan-latihan yang telah dijalani dengan tetap menjunjung tinggi sportivitas dalam berkompetisi," ungkap Trimadi.

Ia berharap ke depannya para atlet dapat memberikan yang terbaik bagi Kota Yogyakarta maupun bagi daerah lain dimanapun atlet tersebut berasal. '' Mudah-mudahan kejuaraan Walikota Cup tahun ini mampu memotivasi semua pihak untuk mengambil peran dalam upaya peningkatan prestasi olahraga renang selanjutnya di Kota Yogyakarta, DIY, maupun di tingkat nasional ," tambahnya. (Hes)